Bayi Susah Buang Air Besar


obat susah buang air besar

obat susah buang air besar

Bayi Susah Buang Air Besar – Seringkali anak atau bayi 2 bulan mengalami susah buang air besar atau pup. Hal ini terjadi karena terjadi permasalahan pada Air Susu Ibu atau ASI baik itu ASI terlalu kental ataupun bayi yang alergi dengan ASI, atau bisa juga ketidakcocokan susu formula tersebut, atau perbandingan takaran susu formula dan air kurang, dalam artian, susu formula kurang encer atau terlalu kental.

Gejala bayi susah buang air besar

Biasanya bayi menangis atau rewel karena merasa kesakitan karena sulit BAB, nyeri di sekitar anus, perut kembung, bayi muntah, berat badan tidak naik (dilihat dari kurva pertambahan berat badan perbulannya), bila diraba perutnya terasa keras , tinja keras yang terkadang disertai bercak darah

Cara mengatasi bayi susah buang air besar

Anda dapat menggunakan kunyit dalam hal ini . Caranya, kupas kulit kunyit, lalu potong dan bentuklah kunyit seperti pensil seukuran cotton bud (kira-kira diameter-nya 2-4 mm), dengan panjang secukupnya, kira-kira 3 – 5 cm. Jangan terlalu besar dan panjang karena nanti malah dapat melukai si bayi. Cuci potongan kunyit tersebut hingga bersih, lalu luluri dengan sabun bayi. Setelah itu masukkan ke dalam anus si bayi, lakukan ini ketika bayi menunjukkan tanda-tanda akan buang air besar. Biasanya ditandai dengan bayi mengangkat kedua kakinya, sambil mengeluarkan tenaga sekuatnya . Sebenarnya kunyit hanya berfungsi sebagai pancingan untuk membuat si bayi melakukan kontraksi otot di sekitar anus, mungkin lebih tepatnya disebut gerak peristaltik  Sehingga bayi akan terpacu untuk mengeluarkan faeces-nya.

Cara yang kedua adalah dengan mengoleskan minyak bayi di daerah sekitar anus bayi.. Berikan pijatan lembut disekitar perut bayi dari pusar ke arah luar dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Anda bisa menggunakan krim atau minyak pijat bayi yang dapat memudahkan tangan Anda melakukan pijatan dengan lembut.

Konsumsi buah- buahan seperti  pepaya matang dan agar-agar yang dapat membantu melunakkan tinja sehingga memperlancar BAB. Buah yang sebaiknya dihindari untuk sementara waktu adalah pisang karena dapat memperkeras tinja.

Jika ternyata dalam beberapa hari kedepan bayi Anda selalu mengalami sulit buang air besar, Segera periksakan kedokter spesialis bayi .Karena kemungkinan bayi Anda mengalami masalah dengan pencernaan, atau lebih tepatnya gangguan pada usus besar.

Bayi Susah Buang Air Besar

Artikel Bayi Susah Buang Air Besar

Tags: , , , , , , , ,