Cara Deteksi Kanker Payudara


cara deteksi kanker payudara

cara deteksi kanker payudara

Cara Deteksi Kanker PayudaraDeteksi Dini Kanker Payudara – Kanker payudara sudah mengancam jutaan wanita didunia. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang payudara dimana sel sel dalam payudara kehilangan mekanisme normalnya, sehingga terjadi pertumbuhan cepat dan tidak terkendali. Pencegahan kanker payudara dapat diketahui secara dini. Semakin dini penyakit payudara ini ditemukan akan semakin besar peluang penderita untuk bebas dari kanker.

Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. SADARI dilakukan 3 hari setelah haid berhenti atau 7 hingga 10 hari dari haid Anda. Para Perempuan sangat dianjurkan untuk melakukan periksa payudara sendiri dengan tujuan untuk memelihara kesehatan payudara.

 Cara deteksi kanker payudara dengan SADARI

  • Berdirilah di depan cermin. Perhatikan bentuk payudara anda apakah kedua payudara simetris atau tidak . Jika tidak simetris terjadi kelainan seperti perubahan dalam bentuk payudara, urat yang menonjol, perubahan warna atau bentuk lain dari biasanya. Lihat perubahan pada puting anda . Apakah ada kerutan atau pengelupasan kulit.. Kemudian angkatlah kedua lengan ke atas sambil memerhatikan apakah kedua payudara tetap simetris.
  • Berbaringlah sejenak rasakan perubahan pada payudara anda. Letakkan bantal kecil di bawah bahu kanan, lengan kanan di bawah kepala. Periksa payudara kanan dengan tangan kiri dengan meratakan jari-jari secara mendatar untuk merasakan adanya benjolan. Periksa pula lipatan lengan, batas luar payudara, dan ke seluruh payudara.
  • Perhatikan puting payudara anda . Apakah ada tanda-tanda perdarahan atau keluarnya cairan atau tidak. Tekanlah puting susu untuk melihat adanya pendarahan atau cairan yang keluar.

Bila ada kejanggalan dalam pemeriksaan tersebut, segeralah menghubungi dokter. Demikian cara deteksi kanker payudara. Semoga bermanfaat.

Cara Deteksi Kanker Payudara

Artikel Cara Deteksi Kanker Payudara

Tags: , , , , , , , , , ,