Cara Melancarkan Proses Kelahiran


Tips Mempercepat Proses Persalinan

Tips Mempercepat Proses Persalinan

Cara Melancarkan Proses Kelahiran – Bagaimana cara melahirkan normal dan tanpa rasa sakit ? Masa persalinan memang tidaklah selalu mudah. Banyak sekali hambatan yang bisa dialami oleh ibu hamil ketika proses persalinan. Berikut ini merupakan tips cara melancarkan proses kelahiran

Menguatkan otot kaki

Memperkuat otot kaki bisa dilakukan dengan berjalan kaki . Kegiatan ini dapat merangsang posisi bayi untuk segera masuk ke jalan lahir. Lakukan hal ini dengan santai dan sebaiknya jangan jalan terlalu jauh jauh.

Latihan Pernafasan

Dengan melakukan latihan pernafasan secara teratur, nantinya ketika dalam proses persalinan akan memberikan reaksi yang spontan dan alamiah, sehingga akan lebih siap dan tenang ketika sedang melahirkan.

Hubungan Intim

Dalam hal ini, hubungan intim harus dengan santai dan melihat keamanan dari janin tersebut. Hubungan intim yang tidak boleh adalah bila air ketuban Ibu sudah pecah atau dokter menyarankan untuk tidak melakukannya demi keamanan kandungan. Hubungan suami istri saat hamil dapat memicu produksi hormon Oxytocin yang dapat menimbulkan kontraksi pada rahim Ibu. Selain itu, bila pasangan Ibu mengalami orgasme maka akan keluar cairan semen yang mengandung hormon prostaglandin yang akan membuat rahim Ibu melunak.

Pijatan Puting Payudara

Pijatan lembut putting payudara dapat merangsang produksi hormon oxytocin yang akan menimbulkan kontraksi rahim. Untuk itu, Cobalah pijat lembut aerola (area kehitaman di sekitar puting) dengan pangkal telapak tangan. Lakukan selama 15-20 menit secara rutin setiap jam.  Hormon yang dihasilkan dipercaya dapat mempengaruhi bayi Ibu yang terlambat lahir.

Istirahat yang cukup

Perempuan yang tidur kurang dari enam jam selama bulan terakhir kehamilan melahirkan 11 jam lebih lama dan memiliki risiko bedah caesar empat kali lipat daripada perempuan yang tidur tujuh jam atau lebih

Konsumsi Makanan dan Minuman manis

Ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan dan minuman manis untuk memenuhi kebutuhan energi selama proses melahirkan. Rasa makanan saat akan melahirkan memang tidak enak dan seringkali ibu merasa mual. Namun, cobalah untuk makan agar kuat saat mengejan nanti.

Cara Melancarkan Proses Kelahiran

Artikel Cara Melancarkan Proses Kelahiran

Tags: , , , , ,