Cara Mencegah Alergi


gambar alergi pada anak

gambar alergi pada anak

Cara mencegah alergiCara mengatasi alergi – Alergi merupakan suatu bentuk proses penolakan atau reaksi terhadap sesuatu yang asing bagi tubuh kita misalnya alergi makanan, debu, udara dingin atau yang lainnya. Biasanya gejala alergi ini ditandai dengan bersin – bersin yang berkepanjangan bahkan pada kasus tertentu alergi ini menyebabkan demam,mual ,sesak napas dan gatal-gatal pada kulit. Tentu saja hal ini nantinya akan membuat anda tidak merasa nyaman. Berikut beberapa jenis jenis alergi beserta cara mencegahnya.

Cara mencegah alergi makanan

Alergi makanan terjadi saat sistem imunitas tubuh menganggap makanan yang kita makan sebagai zat beracun . Ketika penderita alergi sedang mengkonsumsi makanan, sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang akan menyebabkan sakit kepala, bersin, gatal gatal bahkan sesak di saluran pernapasan. Cara mencegah alergi makanan dapat dilakukan dengan menghindari makanan makanan yang dapat memicu alergi. Selain itu dengan mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan pertahanan tubuh sehingga resiko alergi akan semakin kecil.

Cara mencegah alergi debu

Selama ini kita sudah berusaha untuk membersihkan rumah, Namun masih ada saja debu yang masih berterbangan disekitar kita sehingga membuat hidung terasa gatal dan bersin-bersin. Untuk menghindari debu dapat dilakukan hal hal berikut

  • Hindari ruangan yang sedang dibersihkan
  • Usahakan rumah anda mempunyai ventilasi yang baik dan sinar matahari dapat masuk
  • Bersihkan AC atau kipas angin seminggu sekali
  • Hindari kasur dan bantal kapuk
  • Bersihkan karpet setiap hari dengan penyedot debu
  • Hindari binatang berbulu seperti kucing atau kelinci
  • Cucilah sprei dan sarung bantal 1 minggu sekali
  • Hindari asap rokok
  • Hindari ruangan yang lembab

Cara mencegah alergi udara dingin

Untuk cara mencegah alergi dingin dapat dilakukan dengan menghindari kontak dengan udara atau air dingin dengan mengenakan pakaian yang cukup tebal untuk menangkal cuaca dingin, dan sebaiknya anda hanya mandi dengan air hangat.Bagi penderita alergi, udara dingin sangat berpengaruh terhadap kulit. Kulit akan merasa gatal gatal dan timbul bentol bentol kemerahan. Cara mengobati alergi udara dingin , khususnya yang berdampak pada kulit dapat diobati dengan bedak bedak dingin atau lotion yang mengandung anti histamin atau Calamine. Hal ini untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.

Demikian cara mencegah alergi yang bisa anda coba dirumah. Semoga dapat membantu.

Cara Mencegah Alergi

Artikel Cara Mencegah Alergi

Tags: , , , , , , , , ,