Cara Mencegah Autis Pada Bayi

gambar anak autis

gambar anak autis

Cara Mencegah Autis Pada BayiCara Mengatasi Autisme – Pada tahap awal kehamilan  seorang ibu hamil memerlukan gizi yang baik agar dapat membantu kebutuhan nutrisi tubuh sehingga ibu dan bayi pun tetap sehat.  Vitamin sangat diperlukan dalam hal ini sebagai asupan makanan untuk calon buah hati. Dengan memperhatikan gizi yang seimbang maka proses melahirkan dapat berjalan lancar dan menurunkan resiko calon bayi terjangkit autisme. Autis merupakan gangguan perkembangan pada anak yang ditandai dengan adanya keterlambatan mental dalam bidang tertentu misalnya perilaku, bahasa, komunikasi dan interaksi sosial . Penyebab autis ini belum diketahui secara pasti. Namun para ahli berpendapat bahwa autism disebabkan oleh faktor lingkungan dan beberapa makanan yang mengandung racun yang akan berpengaruh pada tingkah, perilaku maupun fisik seorang anak.

Pada masa kehamilan ,pertumbuhan susunan saraf otak janin mulai berkembang dengan cepat . Apabila sang ibu mengalami gangguan atau penyakit tentu saja akan berpengaruh pada janin.  Gangguan pada otak inilah yang nantinya akan berpengaruh pada perilaku anak di masa yang akan datang.

Dalam menangani permasalahan ini perlu dilakukan beberapa pencegahan agar terhindar dari autisme. Berikut beberapa cara mencegah autisme pada bayi dan kanak kanak.

Pencegahan autis pada masa hamil

Langkah pertama Berkonsultasilah pada dokter spesialis kandungan baik itu dalam merencanakan kehamilan atau saat masa hamil. Cek secara berkala mengenai keadaan kandungan anda. Bila terjadi pendarahan segera periksakan ke dokter. Pendarahan pada saat kehamilan menyebabkan gangguan transportasi oksigen dan nutrisi ke bayi yang akan berpengaruh pada otak bayi.

Konsultasilah dengan dokter apabila akan mengkonsumsi obat. Konsumsi obat yyang berlebihan dapat mengganggu susunan saraf otak bayi yang akan mengakibatkan autism.

Beberapa makanan dapat mencegah autis bayi. Hal penting untuk memenuhi kebutuhan gizi baik untuk wanita hamil maupun bagi bayi yang sedang dikandung. Sayuran dan buah buahan sangat baik untuk pemenuhan gizi bayi. Hindari makanan tinggi lemak yang akan menaikkan kadar gula dalam darah. Konsumsi suplemen asam folat sangat diperlukan pada trimester pertama untuk membantu menurunkan resiko neural tube defects (cacat tabung saraf) seperti spina bifida dan autisme. Contoh makanan yang mengandung asam folat adalah brokoli, bawang bombay, bayam ,kacang polong, lobak, kentang, stroberi,ikan salmon dan lain – lain

Pencegahan autis pada bayi

Segera bawa kedokter spesialis jika bayi atau anak anak mengalami ciri-ciri gangguan seperti  sering muntah, tidak buang air besar beberapa hari, sering kembung, sering buang angin, atau yang lainnya. Gangguan saluran cerna yang berkepanjangan dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak.

Seorang wanita hamil harus meningkatkan kualitas asupan gizinya. Ditambah dengan olahraga ringan akan membantu memperlancar proses persalinan. Demikian cara mencegah autis pada bayi. Dan semoga artikel pencegahan autis pada anak ini dapat membantu anda.

Cara Mencegah Autis Pada Bayi | | 4.5