Cara Mencegah Cacingan Pada Anak

Cara mencegah cacingan pada anak

Cara mencegah cacingan pada anak

Cara Mencegah Cacingan Pada Anak – Seringkali bayi atau anak anak rentan terkena cacingan. Hal ini disebabkan karena kebersihan anak yang kurang terjaga. Cacingan dapat menghambat pertumbuhan anak baik secara fisik maupun kecerdasan mentalnya.  Cacingan terjadi karena terinfeksinya tubuh bayi oleh cacing parasit, Beberapa jenis cacing parasit ini adalah cacing kremi, cacing pita, cacing gelang dan cacing tambang

Ciri ciri cacingan pada anak dapat dilihat melalui perkembangan berat badan . Anak yang mengalami cacingan biasanya sulit sekali mengalami kenaikan berat badan. Balita yang terkena cacingan juga sering mengalami diare dan sakit atau nyeri di bagian perut. Selain itu ciri anak cacingan yang lain adalah menurunnya nafsu makan anak yang disertai rasa lemah dan lesu. Kurangnya gizi pada anak menjadikan bayi memiliki perut buncit dengan badan yang kurus. Pada cacing kremi menyebabkan adanya rasa gatal di organ kelamin anak dan akan semakin bertambah gatal terutama saat malam hari. Cacing kremi ini bisa dilihat saat anak membuang feses. Melalui tinja memang dapat diketahui apakah anak positif menderita cacingan atau tidak.

Cara mencegah cacingan pada anak

Pola hidup sehat dan kebersihan tubuh sangat penting dalam pencegahan cacingan. Dalam hal ini kebersihan tubuh dapat dilakukan dengan mencuci tangan sebelum maupun sesudah makan, memotong kuku secara teratur dan hindari menggigit kuku. Asupan nutrisi untuk bayi juga perlu diperhatikan, karena bayi kurang gizi sangat rentan terkena cacingan.

Jangan menganggap remeh cacingan pada balita. Pada tingkat lanjut, cacingan yang dibiarkan terus menerus akan mengganggu sistem pernapasan pada bayi. Jika ciri-ciri anak mengalami cacingan di atas terlihat pada anak anda, segeralah pergi ke dokter anak untuk ditangani secara medis. Penanganan yang sering dilakukan dokter untuk mengatasi cacingan adalah dengan pemberian obat sirup anak anti cacingan.

Demikian cara mencegah cacingan pada anak. Semoga bayi atau anak anda terhindar dari cacingan. Salam sehat.

Cara Mencegah Cacingan Pada Anak | | 4.5