Cara Mencegah Flu Burung


cara mencegah flu burung

cara mencegah flu burung

Cara Mencegah Flu Burung – Saat ini wabah flu burung sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia.  Flu burung merupakan salah satu jenis influenza yang disebabkan oleh virus H5N1. Beberapa ciri ciri flu burung pada unggas adalah keluarnya cairan di mata dan hidung serta timbul gangguan pernafasan pada unggas . Selain itu terdapat pendarahan pada kaki unggas dengan bintik-bintik merah atau ptekhi,keluarnya cairan jernih hingga kental dari rongga mulut dan diare. Tingkat kematian unggas yang terkena flu burung  sangat tinggi. Hanya dalam waktu 2 sampai 7 hari unggas unggas tersebut dapat mati secara mendadak. Satu tetesan sekresi dari burung yang terinfeksi virus dapat menyebabkan burung yang lainnya mati. Penyebaran flu burung ini juga dapat melalui kotoran unggas.

Penyakit flu burung ini sangat berbahaya bagi unggas maupun bagi manusia. Pada manusia flu burung  dapat mengganggu saluran pernapasan yang dapat mengakibatkan kematian. Gejala penyakit flu burung pada manusia hamper mirip dengan penyakit flu biasa seperti demam, batuk dan pilek.

Dalam hal ini perlu pencegahan atau tindakan untuk menghindari terjadinya penyebaran virus flu burung. Berikut beberapa cara mencegah flu burung

  • Jagalah kebersihan makanan dan kandang unggas atau itik anda. Jika mengetahui unggas yang mati mendadak akibat terinfeksi penyakit flu burung maka segera bakar atau kubur unggas tersebut. Laporkan kejadian itu pada aparat pemerintahan setempat, agar mendapat tindak lanjut dari petugas pencegahan penyakit flu burung dari pemerintah.
  • Menjaga kesehatan tubuh dengan tidak mengkonsumsi makanan seperti daging ayam dan telur dalam keadaan yang setengah matang. Virus flu burung akan mati apabila dimasak dengan menggunakan suhu 80°C ke atas.
  • Usahakan memakai masker jika anda sedang terserang flu atau batuk
  • Biasakan cuci tangan anda dengan sabun sebelum makan
  • Cara pencegahan penyakit flu burung dapat dilakukan dengan vaksinasi, baik untuk unggas peliharaan dan manusia yang berada di sekitar unggas. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus H5N1.

Peliharalah unggas ungas anda dengan baik. Kenali ciri-ciri unggas yang terkena flu burung. Laporkan pada petugas setempat jika mendapati unggas yang mati mendadak. Demikian cara mencegah flu burung. Dan semoga bermanfaat.

Cara Mencegah Flu Burung

Artikel Cara Mencegah Flu Burung

Tags: , , , , , , , , , ,