Cara Mencegah Heat Stroke


cara mencegah heat stroke

cara mencegah heat stroke

Cara Mencegah Heat StrokeHeat Stroke atau sengatan panas merupakan gangguan pusat pengaturan panas di otak akibat latihan fisik yang berat dan lama di lingkungan udara yang memiliki temperatur yang sangat panas dan mempunyai kelembaban yang tinggi.

Gejala heat stroke ini biasanya adalah badan terasa lemah, keringat yang sangat banyak, sakit kepala, pusing , mual-mual sampai muntah dan nyeri dada. Pada suatu kasus tertentu suhu badan menjadi tinggi sehingga menyebabkan rasa gelisah atau ketakutan dan denyut nadi menjadi sangat cepat. Selain itu kulit menjadi kemerahan dan tekanan darah naik.

Penyebab heat stroke adalah Kegiatan fisik yang berat dan lama. Suhu lingkungan yang panas menyebabkan kondisi tubuh kurang sehat. Selain itu faktor kegemukan juga dapat menjadi penyebab heat stroke. Lemak yang menimbun panas akan mengakibatkan penghambatan pelepasan panas pada tubuh.

Cara Mencegah Heat Stroke

  • Siapkan kondisi fisik yang optimal dan istirahat yang cukup
  • Pola makan yang teratur dan asupan gizi yang cukup
  • Sesuaikan derajat latihan fisik yang berat dilingkungan cuaca yang sangat panas dan kelembaban yang tinggi
  • Persediaan air yang cukup, bila perlu campurkan dengan air garam 10gr
  • Memakai pakaian yang longgar untuk memudahkan perputaran udara bagi tubuh
  • Bila mulai merasakan gejala awal segeralah pergi ke dokter

Heat stroke dapat terjadi secara mendadak dan dapat menyebabkan kematian. Untuk itu beraktifitas lah yang secukupnya. Demikianlah cara mencegah heat stroke. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda…

Cara Mencegah Heat Stroke

Artikel Cara Mencegah Heat Stroke

Tags: , , , , , , , , , ,