Cara Mencegah Hipertensi


cara mencegah hipertensi

cara mencegah hipertensi

Cara Mencegah HipertensiMencegah dan Mengobati Hipertensi – Pembuluh darah yang menyempit akan mengkibatkan tekanan darah meningkat. Selain itu jumlah darah yang mengalir bertambah juga akan meningkat. Hal itulah yang terjadi pada penderita hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan lainnya seperti stroke dan penyakit jantung. Sebab hipertensi adalah faktor keturunan. Orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Selain itu obesitas, usia, stress juga dapat mempengaruhi tekanan darah tinggi.

Gejala Hipertensi ini biasanya ditandai dengan sakit kepala, gelisah, mudah marah,sesak napas, badan terasa pegal, mudah lelah ,mata berkunang-kunang dan mimisan atau darah keluar dari hidung.

Cara mencegah hipertensi

  • Olahraga

Olahraga seperti jalan cepat sangat efektif bagi penderita hipertensi dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Konsumsi Coklat murni

Coklat murni atau coklat tanpa gula dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh.

  • Konsumsi Sayuran

Mengkonsumsi sayuran yang berserat tinggi sangat baik bagi penderita hipertensi. Bayam merupakan salah satu makanan mencegah hipertensi. Kandungan folat dalam bayam juga dapat melindungi terhadap homocysteine, senyawa kimia yang memicu serangan jantung dan stroke. Selain itu makanan seperti pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi

  • Hindari Alkohol dan Merokok

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan.

  • Konsumsi Tomat

Tomat memiliki kandungan yang kaya antioksidan yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

  • Konsumsi Kedelai

Kedelai dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan membantu memerangi peningkatan tekanan darah dalam tubuh.

Untuk cara mencegah hipertensi pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi garam. Agar konsumsi garam tetap terkendali, perhatikan label makanan untuk mengetahui kadar sodiumnya serta kurangi makanan cepat saji karena biasanya tinggi kandungan garamnya. Selain itu olahraga ringan seperti berjalan juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Jika mengkonsumsi obat – obatan selama masa kehamilan berkonsultasilah dulu dengan dokter. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Demikian cara mencegah hipertensi. Semoga artikel pencegahan penyakit hipertensi ini dapat menambah pengetahuan anda tentang kesehatan.

Cara Mencegah Hipertensi

Artikel Cara Mencegah Hipertensi

Tags: , , , , , , , ,