Cara Mencegah Keguguran

cara mencegah keguguran

cara mencegah keguguran

Cara Mencegah Keguguran – Kehamilan merupakan suatu anugerah dari Allah swt  yang tidak ternilai harganya. Namun seringkali kehamilan ini tidak selamanya berjalan lancar dan dapat dipertahankan atau yang biasa kita sebut dengan keguguran. Hal ini akan membuat kita merasa tertekan bahkan pada kasus tertentu dapat mengakibatkan depresi.

Gejala awal keguguran ini ditandai dengan rasa lemas dan lelah pada sekujur tubuh. Selain itu perut juga terasa mual dan kaku yang disertai dengan kepala pusing dan mimisan. Pada tahap selanjutnya, gejala keguguran  timbul pendarahan yang cukup banyak seperti saat haid. Keguguran dapat dipastikan telah terjadi bila anda mengeluarkan gumpalan darah yang biasanya berwarna merah muda atau keabu-abuan dari vagina

Agar bayi dalam kandungan tetap sehat, Anda perlu menjaga diri untuk menghindari keguguran. Berikut beberapa cara mencegah keguguran.

  • Selama kehamilan jangan melakukan pekerjaan yang berat. Mengangkat beban berat bisa menyebabkan cidera punggung dan peregangan di area tubuh lainnya . Hal ini akan berpengaruh pada proses kehamilan yang akan mengakibatkan keguguran.
  • Hindari merokok, alkohol dan kafein. Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebih akan meningkatkan resiko keguguran
  • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Mengkonsumsi asam folat dapat mencegah cacat lahir dan menurunkan risiko keguguran.
  • Konsultasilah dengan dokter ahli dalam penggunaan obat obatan tertentu. Beberapa jenis obat dapat merusak janin dan menyebabkan keguguran
  • Ibu hamil sangat dianjurkan dalam menghindari paparan suhu panas. Peningkatan suhu jangka panjang dari 12  minggu pertama kehamilan hingga melahirkan bisa memicu kelahiran prematur. Karena itu, cobalah hindari paparan suhu panas berlebih selama kehamilan.
  • Periksa secara rutin mengenai kesehatan kandungan anda.
  • Senantiasa berdoa memohon kepada Allah agar dimudahkan pada proses kelahiran dan keselamatan ibu dan anak

Langkah efektif untuk mencegah keguguran adalah mempersiapkan kehamilan. Apabila terjadi ganguan kesehatan seperti keputihan dan infeksi leher rahim segeralah pergi kedokter agar mendapat pengobatan sebagai pencegahan keguguran. Demikian cara mencegah keguguran. Semoga bermanfaat untuk anda.

Cara Mencegah Keguguran | | 4.5