Cara Mencegah Kemandulan


Gambar kemandulan

Gambar kemandulan

Cara Mencegah KemandulanKemandulan LelakiKemandulan Wanita – Kemandulan merupakan masalah yang sangat ditakuti dalam berumah tangga. Pengertian kemandulan adalah ketudakmampuan pasangan suami istri untuk tidak mempunyai anak walaupun selalu melakukan aktifitas seksualnya tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

Penyebab Kemandulan

Sebab kemandulan lelaki adalah gangguan pada sperma yang tidak bisa memproduksi dengan baik atau tidak bisa menghasilkan sama sekali. Selain itu dapat juga terjadi sel sperma tidak dapat mencapai sel telur untuk bisa dibuahi. Hal ini karena bentuk sperma yang tidak normal. Gaya hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi kinerja sperma. Seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol , penggunaan narkoba, polusi udara ,Selain itu faktor umur juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan sperma.

Bagi perempuan kemandulan disebabkan oleh haid yang tidak teratur atau tidak pernah haid sama sekali. Selain itu faktor merokok dan alkohol, stress, penyakit seksual,gemuk dan terlalu kurus, umur juga dapatmempengaruhi kemandulan wanita.

Kemandulan dapat dicegah dengan meningkatkan kesuburan . Berikut beberapa cara mencegah kemandulan dan cara mengatasi kemandulan

Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat menimbulkan efek pada kesehatan reproduksi anda. Untuk itu hindari merokok dan alkohol. Tingkat stres yang tinggi dan kurang tidur secara konsisten atau dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan potensi anda mengalami kemandulan.

Olahraga

Pada pria, obesitas akan menurunkan jumlah sperma. Untuk itu perlu menjaga berat badan dengan melakukan olahraga yang teratur.

Cek kesehatan

Cek kesehatan secara periodic dengan melakukan tindakan deteksi dan pengobatan terhadap penyakit menular seksual yang mungkin diderita dapat membantu menjaga tingkat kesuburan anda

Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan yang tidak baik memicu terjadinya kemandulan. Seperti tinggal disekitar pabrik yang banyak mengolah bahan – bahan kimia .

Jika saat ini anda sedang dalam tahap penyembuhan suatu penyakit dan diharuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan secara teratur, maka tanyakan ke dokter yang menangani anda tentang dampak obat tersebut terhadap kesuburan anda. Demikian cara mencegah kemandulan. Semoga menambah pengetauan anda tentang kemandulan dan kesuburan.

Cara Mencegah Kemandulan

Artikel Cara Mencegah Kemandulan

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,