Cara Mencegah Osteoporosis


gambar osteoporosis

gambar osteoporosis

Cara Mencegah OsteoporosisOsteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang yang disebabkan menurunnya mineral –mineral pada tulang. Pengertian Osteoporosis adalah  penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan  yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Gejala yang sering ditimbulkan penyakit ini adalah kerapuhan pada tulang belakang yang ditandai dengan cidera ringan seperti nyeri secara tiba – tiba didaerah punggung dan jika disentuh akan terasa sakit. Namun nyeri ini akan menghilang secara bertahap  beberapa minggu kedepan. Umumnya wanita lebih beresiko terkena penyakit ini. Untuk itu dapat dilakukan pencegahan osteoporosis.

Berikut tips mencegah osteoporosis

Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara mencegah osteoporosis yang efektif. Olahraga seperti jogging, berjalan menaiki tangga, tennis, atau yang lainnya dapat membantu memperkuat otot dan menjaga kepadatan tulang anda.

Sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi sangat baik untuk membantu sintesis vitamin D yang juga diperlukan dalam absorbsi kalsium

Asupan Kalsium

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda dapat minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari, Hal ini dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita setengah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium. Selain itu sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kangkung, mengandung vitamin K yang fungsinya mencegah hilangnya kalsium dari tulang.

Kurangi Kafein

Mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat meningkatkan ekskresi kalsium dari tulang. Untuk itu batasilah konsumsi kopi

Hindari Rokok dan Alkohol

Merokok dan alkohol dapat mengganggu aktivitas Sel Osteoblas yang turut berperan dalam absorbsi kalsium ke tulang

Terapi Hormon

Estrogen membantu mempertahankan kepadatan tulang pada wanita dan sering diminum bersamaan dengan progesterone. Pada wanita yang menopause, produksi hormon estrogen ini semakin menurun. Untuk itu dapat dilakukan terapi sulih 4-6 tahun setelah masa menopause. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerapuhan tulang dan dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Osteoporosis mempunyai dampak besar bagi kesehatan . Untuk itu lakukan upaya pencegahan diatas. Demikian cara mencegah osteoporosis. Semoga dapat membantu anda..

Cara Mencegah Osteoporosis

Artikel Cara Mencegah Osteoporosis

Tags: , , , , ,