Cara Mencegah Penyakit Herpes


gambar penyakit herpes

gambar penyakit herpes

Cara Mencegah Penyakit Herpes – Mungkin anda sudah banyak yang mengetahui tentang penyakit herpes. Penyakit herpes adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus atau bakteri dan ditularkan melalui hubungan badan atau kontak langsung dengan penderita. Ada 2 jenis atau golongan penyakit herpes. Diantaranya adalah Herpes Simplex dan Herpes Zoster.

Penderita herpes seringkali tidak mengetahui bahwa dirinya terinfeksi . Mereka juga tidak sadar menyebarkan virus tersebut. Gejala penyakit herpes pada tahap pertama biasanya lebih berat. Hal ini dikarenakan  sistem imun pada tubuh penderita belum siap untuk memerangi infeksi penyakit herpes yang timbul.

Perawatan herpes dan Pengobatan herpes zoster  dapat dilakukan dengan membersihkan lukanya dengan air garam . Tujuannya adalah menjaganya agar tetap kering. Selain itu penggunaan asilkovir dalam bentuk pil juga dapat mengurangi lama maupun berat jangkitan yang terjadi.

Cara Mencegah Penyakit Herpes

  • Penularan herpes dapat dikurangi dengan penggunaan kondom
  • Menjaga kebersihan organ genetalia atau alat kelamin pria dan wanita
  • Melakukan vaksinasi/imunisasi. Pada anak sehat usia 1 – 12 tahun diberikan satu kali. Imunisasi dapat diberikan satu kali lagi pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan menjadi 60 persen – 80 persen. Setelah itu, untuk menyempurnakannya, berikan imunisasi sekali lagi saat dewasa. Kekebalan yang didapat ini bisa bertahan sampai 10 tahun
  • Hindari seks bebas
  • Gunakan jarum suntik yang baru jika anda diharuskan menggunakan jarum suntik.
  • Hindari kontak langsung dengan penderita herpes

Itulah sedikit informasi tentang cara mencegah penyakit herpes. Semoga bermanfaat.

Cara Mencegah Penyakit Herpes

Artikel Cara Mencegah Penyakit Herpes

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,