Cara Mencegah Penyakit Malaria


cara mencegah malaria

cara mencegah malaria

Cara Mencegah Penyakit Malaria – Malaria adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan protozoa parasit dari golongan plasmodium dan ditularkan oleh gigitan nyamuk anopheles melalui kelenjar ludahnya. Dengan perantara nyamuk anopheles, plasodium masuk ke dalam darah manusian dan berkembang biak dengan membelah diri.

Malaria merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penderita malaria mengalami anemia atau kekurangan darah . Hal ini karena sel-sel darah merah banyak yang hancur, dirusak atau dimakan oleh parasit. Selain itu pembuluh darah otak penderita malaria tersumbat sehingga dapat menyebabkan kematian.

Penularan penyakit malaria melalui gigitan nyamuk dimana bibit penyakit malaria dalam darah manusia terhisap oleh  nyamuk,kemudian berkembang biak dan ditularkan kembali kepada orang sehat yang digigit nyamuk tersebut

Tanda-tanda penyakit malaria

  • Gejala penyakit malaria ini berupa demam tinggi dan sakit kepala . Penderita menggigil atau gemetar selama 15 menit sampai satu jam.
  • Penderita malaria lemah dan nafsu makan menurun
  • Mual mual yang disertai muntah
  • Kulit menjadi kemerahan
  • Hilangnya tingkat kesadaran atau mengiggau
  • Pada tingkat lanjut disertai kejang kejang

Cara Mencegah Penyakit Malaria dapat dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk. Yaitu dengan memakai obat anti nyamuk atau membunuh nyamuk dengan menggunakan racun serangga seperti fogging. Selain itu kebersihan lingkungan juga harus terjaga. Membersihkan genangan air yang ada disekitar rumah, mengusahakan keadaan didalam rumah tidak ada tempat yang gelap dan lembab,membersihkan baju baju kotor yang ada digantungan,dan menjauhkan kandang ternak dari pemukiman penduduk.

Pencegahan penyakit malaria yang lain adalah menghindari kontak langsung dengan penderita malaria. Demikian cara mencegah penyakit malaria. Semoga bermanfaat

Cara Mencegah Penyakit Malaria

Artikel Cara Mencegah Penyakit Malaria

Tags: , , , , , , , ,