Cara Mencegah Varises

advertisement
gambar varises

gambar varises

Cara Mencegah Varises – Kaki yang indah merupakan dambaan setiap orang. Namun jika ada varises dikaki tentu akan sangat mengganggu penampilan anda. Sering kali anda kurang percaya diri dengan adanya varises. Varises adalah melebarnya pembuluh darah vena yang fungsinya membawa darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Cara mengetahui varises dapat ditandai dengan tonjolan – tonjolan yang berwarna biru kehijauan sehingga pembuluh darah ini bisa terlihat sangat jelas. Selain itu varises juga dapat menyebabkan kelelahan, nyeri kram pada malam hari, pergelangan kaki bengkak terutama saat cuaca panas, dan pada saat terlalu lama berdiri.

Cara menghilangkan varises kaki dapat dilakukan dengan metode sederhana. Untuk mengurangi varises berbaringlah di atas kursi ottoman dengan meletakkan dua atau tiga bantal dan menempatkan kaki lebih tinggi daripada paha.

Selain hal diatas, dapat dilakukan beberapa pencegahan. Berikut cara mencegah varises secara alami yang dapat anda lakukan dirumah

  • Gerakan Pencegah Varises dapat dilakukan dengan olahraga ringan seperti, berlari –lari kecil , bersepeda, yoga. Lakukan secara teratur minimal 30 menit sehari untuk melatih otot kaki, tangan atau bagian tubuh lain yang rentan muncul varises .
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi yang dapat mempercepat timbulnya varises diusia dini. Selain itu cegah varises hindari memakai celana ketat.
  • Hindari duduk bersila yang terlalu lama karena dapat menghambat peredaran darah yang akan membuat kaku otot kaki anda
  • Konsumsi makanan – makanan yang berserat tinggi.
  • Cara mengatasi penyakit varises dapat dilakukan dengan menggunakan bawang .Cara pemakaiannya adalah Iris beberapa suing bawang  kemudian tambahkan 2 jeruk nipis. Lalu tambahkan pula satu sendok minyak zaitun. Diamkan selama 12 jam. Pijatlah selama 15 menit dengan bahan tersebut pada daerah yang nyeri dengan gerakan memutar.Setelah itu bungkuslah daerah tersebut dengan kaus kaki katun. Ulangi setiap malam. Sebelum pemakaian kocoklah terlebih dahulu.
  • Cara mengatasi varises selanjutnya adalah dengan pemakaian cuka. Campur cuka dan air dingin kemudian oleskan pada daerah varises pada malam hari sebelum tidur. Setelah itu, tinggikan kaki selama 30 menit.
  • Pencegahan yang lain yaitu dengan merendam kaki dengan air hangat selama 15 menit. Hal ini bertujuan untuk memperkuat dinding pembuluh darah dan melacarkan peredaran darah.

Selain mengganggu penampilan, varises ini tidak dapat disembuhkan secara permanen . Demikian tips mencegah varises. Semoga dapat membantu anda .

loading...
advertisement
Cara Mencegah Varises | | 4.5