Cara Penanganan Keracunan Pestisida

pertolongan pertama keracunan

pertolongan pertama keracunan

Cara Penanganan Keracunan Pestisida – Pengendalian menggunakan pestisida tetap diperlukan dalam keadaan    tertentu agar dapat mampu menekan pertumbuhan populasi hama secara cepat dan efektif . Namun, perlu diingat penggunaan pestisida  harus mempertimbangkan aspek keamanan terhadap konsumen, organisme berguna yang lain dan aman bagi lingkungan

Dosis penyemprotan pestisida sangatlah penting dalam pengendalian hama. Sangat dianjurkan petani tidak menggunakan dosis yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan pencemaran lingkukan dan tanaman itu sendiri sehingga dapat menimbulkan keracunan bagi manusia atau binatang

Cara Penanganan Keracunan Pestisida

Pindahkan pasien dari tempat itu. Hati-hati jangan sampai anda sendiri terkena pestisida. Kalau mungkin gunakan sarung tangan karet.

Jika kulit pasien terasa hangat atau panas, mandikan dengan air dingin.

Jika tubuh pasien terasa sangat dingin selimuti dengan selimut yang
cukup tebal.

Jika ada tumpahan pestisida lepaskan pakaian yang terkontaminasi dan cuci kulit pasien dengan sabun dan air

Jika pasien kejang-kejang, masukkan kain diantara gigi-giginya untuk  mencegah tergigitnya lidah pasien. Hati-hati dalam menahan tubuh pasien.

Lakukan hal ini hanya untuk mencegah luka, bukan untuk menyebabkan luka. Memegang anggota badan pasien dengan terlalu keras dapat menyebabkan patah tulang.

Jika pasien tidak bernafas, lakukan pertolongan pertama jika Anda dapat melakukannya. Sebelum memberikan pernafasan mulut ke mulut, pastikan tidakada sisa pestisida di mulut pasien dengan cara membersihkannya dengan kainbersih. Anda juga dapat menaruh saputangan diantara mulut pasien dengan mulut yang memberikan pertolongan pertama.

Cari tahu bahan kimia apa yang digunakan. Ingatlah untuk membawa botol pestisida sehingga anda dapat menunjukkanya ke petugas kesehatan.

Tetap tenang dan tenangkan pasien. Terkadang pasien menjadi sangat   gelisah.

Secepat mungkin hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

loading...
Cara Penanganan Keracunan Pestisida | | 4.5