Ciri – Ciri Cacing Tambang

ciri ciri cacing tambang

ciri ciri cacing tambang

Ciri – Ciri Cacing Tambang – Cacing tambang adalah cacing parasit (nematoda) yang hidup pada usus kecil inangnya, manusia. Ada dua spesies cacing tambang yang biasa menyerang manusia.

Dua spesies cacing tambang yang terkenal, yaitu se-bagai berikut.

Ancylostoma duodenale

Ancylostoma duodenale hidup di dalam usus manusia. Cacing tersebut mengisap darah inang-nya. sehingga dapat menimbulkan anemia. Cacing tersebut terdapat di daerah tropika Asia dan Afrika.

Necator americanus

Necator americanus hidup sebagai parasit di dalam usus manusia. Cacing tersebut terdapat di daerah tropika Amerika.
lstilah cacing tambang, karena semula banyak dijumpai di daerah tambang batu bara. Namun sebe-tulnya cacing ini juga banyak dijumpai di daerah per-kebunan karat.

Cacing tambang tubuhnya berukuran kecil. Panjangnya hanya 1 – 5 sentimeter. Mulutnya terdapat di bagian ujung depan dilengkapi alai kait untuk melekatkan diri pada dinding usus.

Cacing ini hidup di dalam usus halus manusia, dan berbahaya bagi manusia karena dapat mengisap darah. Cacing tambang hidup bergerombol hingga jumlahnya ribuan cacing dan mengisap darah secara bersama-sama.

Daur hidup cacing tambang

Cacing betina setelah kawin, kemudian bertelur. Telur cacing dari dalam usus manusia keluar ber-sama faeses ke alam bebas.

Telur di alam bebas akan menetas menghasil-kan larva kecil. Jika larva kecil tersebut terinjak oleh manusia, maka melalui pori-pori kutit di sela-sela jari kaki, masuk ke peredaran darah menuju ke jantung, paru-paru, kemudian ke trakea akhirnya ke faring.

Larva tersebut kemudian tertelan bersama makanan masuk ke usus halus, dan seterusnya men-jadi dewasa di usus tersebut.

Ciri – Ciri Cacing Tambang

Nemathelmintes, memiliki bentuk tubuh sepertibenang, bulat panjang, dengan ujung meruncing2.

Hidup di tanah daerah pertambangan

Umumnya berukuran mikroskopis

Permukaan tubuh dilapisi kutikula

Pseudoselomata6.Sebagian memiliki kait di mulutnya.

Ciri – Ciri Cacing Tambang | | 4.5