Ciri-Ciri Wanita Terkena Kanker Serviks


gambar ciri-ciri kanker serviks

gambar ciri-ciri kanker serviks

Ciri-Ciri Wanita Terkena Kanker Serviks РKanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang wanita. Kanker ini sangat berbahaya dan menjadi pembunuh wanita no 1 di Indonesia.  Menurut data WHO , setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks ini dan merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia.

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah kanker yang menyerang organ reproduksi wanita yang terdapat pada leher rahim atau bagian ujung bawah daerah rahim yang menonjol ke vagina.  Penyebab kanker serviks ini adalah Human papilloma Virus (HPV). Penyebaran virus ini sangat mudah . Virus virus berpindah dan menyebar melalui cairan bahkan dapat juga melalui sentuhan kulit. Gaya hidup yang tidak sehat disinyalir dapat memicu penyakit kanker serviks. Seperti kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah Sering berganti-ganti pasangan seksual, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan seksual pada usia muda (16 thn)

Faktor lain penyebab kanker serviks adalah keturunan. Adanya riwayat keluarga yang menderita kanker, keturunan atau saudara lebih beresiko terkena kanker. Kebersihan vagina yang tidak terawat dengan baik ,membasuh vagina dengan air tidak bersih atau pemakaian pembalut yang kurang besih dapat pula mengakibatkan terjadinya kanker serviks.

Ciri-ciri wanita terkena kanker serviks

Pada tahap awal kanker serviks ini sulit untuk di deteksi. Membutuhkan proses antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker yang pada mulanya dari sebuah infeksi. Di anjurkan bagi perempuan untuk melakukan test pap smear setidaknya 2 tahun sekali. Berikut tanda tanda kanker serviks pada wanita.

  • Saat berhubungan intim, vagina terasa sakit, diikuti dengan pendarahan.
  • Keputihan yang tidak normal atau tingkat volume cairan keputihan yang meningkat, berbau dan mengandung lendir
  • Adanya berat badan yang tidak stabil
  • Sakit pada daerah pinggul
  • Susah dan nyeri saat buang air kecil
  • Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih
  • Pada kanker serviks stadium lanjut terdapat rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak,
  • Nafsu makan menjadi sangat berkurang

Jika anda mengalami hal hal diatas segeralah kunjungi dokter. Itulah sedikit informasi mengenai kanker serviks. Semoga ciri-ciri wanita terkena kanker serviks diatas dapat menambah pengetahuan anda tentang bahaya dan resiko kanker serviks

Ciri-Ciri Wanita Terkena Kanker Serviks

Artikel Ciri-Ciri Wanita Terkena Kanker Serviks

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,