Dampak Pestisida Kimia

pestisida

pestisida

Dampak Pestisida Kimia – Tanpa disadari pestisida kimia dapat berdampak buruk teradap kesehatan tubuh manusia. Pestisida ini dapat meracuni manusia melalui kulit.Ketika petani memegang tanaman yang baru saja disemprot, secara tidak sengaja pestisida akan menempel langsung pada kulit. Selain itu seseorang yang sedang dekat dengan penyemprotan juga beresiko terkena racun. Namun perlu diingat juga banyak pestisida yang beracun dan tidak berbau.

Pada keracunan pestisida tingkat akut efek keracunan pestisida dirasakan langsung pada saat itu. Seperti: Sakit kepala, mual sampai muntah, sulit bernafas,keringat berlebih,pandangan kabur dan sakit dada. Sedangkan keracunan pestisida tingkat kronis efek keracunan jangka panjang yang munculsetelah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah terkena pestisida. Pada tingkat kronis inilah yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Beberapa dampak buruk pestisida kimia tingkat kronis

Liver atau hati

Hati merupakan organ tubuh yang sangat penting yang berfungsi untuk  menetralkan racun dalam tubuh. Namun jika hati tidak berfungsi akibat pestisida dapat menyebabkan hepatitis

Sistem saraf

Bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi sistem syaraf disebut neurotoksin. Gejalanya adalah kelumpuhan, sulit berkonsentrasi bakan sampai kehilangan kesadaran

Perut

Mual-mual sampai muntah bahkan diare juga merupakan dampak pestisida kimia. Orang-orang yang bekerja dengan pestisida selama bertahun-tahun mengalami masalah sulit makan.

Alergi

Pestisida menimbulkan alergi pada tubuh kita karena sistem kekebalan tubuh menurun.Beberapa jenis pestisida dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk menahan dan melawan infeksi.

Pemakaian pestisida dengan takaran yang tinggi tidak hanya menimbulkan masalah gangguan kesehatan manusia. Namun juga akan mencemari tanah dan berakibat serius bagi beberapa jenis populasi tanah. Demikian artikel dampak pestisida kimia. Semoga menambah pengetahuan anda.

Dampak Pestisida Kimia | | 4.5