Demam Berdarah 3M


gambar demam berdarah 3M

gambar demam berdarah 3M

Demam Berdarah 3M – Demam berdarah merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Demam berdarah disebabkan virus yang dibawa oleh nyamuk aides aegypti dan ditularkan melalui gigitannya. Gejala dbd  berupa bintik-bintik merah pada kulit. Selain itu tubuh merasa lemah dan panas tinggi selama 2 sampai 7 hari, terjadi muntah atau berak darah, nyeri di ulu hati, gelisah, kaki dingin hingga  berkeringat.

Jika terjadi gejala gejala di atas segeralah pergi kerumah sakit terdekat. Untuk pertolongan pertama dapat dilakukan dengan member air minum yang banyak dan memberikan obat penurun panas seperti paracetamol.

Pencegahan paling efektif dalam mengatasi kasus nyamuk demam berdarah adalah dengan 3M. Nyamuk aedes aegypti lebih suka bersarang di genangan air untuk berkembang biak.Kunci  utama mencegah dbd adalah dengan rajin membersihkan rumah. Lingkungan yang bersih akan mengurangi resiko terkena DBD.

 Demam Berdarah 3M

 Menguras

Menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi atau tempat air lainnya. Gunakan sikat untuk membersihkan bak mandi yang kosong. Lakukan seminggu sekali.

Menutup

Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.

Mengubur

Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, dan plastik . Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya sarang-sarang nyamuk

Demikianlah sedikit informasi tentang Demam Berdarah 3M yang perlu anda ketahui. Semoga menambah pengetahuan anda.

Demam Berdarah 3M

Artikel Demam Berdarah 3M

Tags: , , , ,