Endema Pada Ibu Hamil

endema atau kaki bengkak pada ibu hamil

endema atau kaki bengkak pada ibu hamil

Endema Pada Ibu Hamil – Endema terjadi karena adanya cairan berlebih terkumpul di jaringan otot, terutama pada pergelangan kaki, telapak kaki, dan mungkin bengkak ringan di tangan. Edema sering terjadi pada usia kehamilan trimester terakhir. Namun, ada juga ibu hamil yang mulai merasa ada pembengkakan saat usia kehamilannya baru 5 bulan dan terjadi terutama saat sore atau malam hari. Namun, terkadang juga pembengkakan menjadi lebih parah pada cuaca panas.

Penyebab Endema pada ibu hamil

Perubahan pada komposisi darah menyebabkan cairan menyelinap ke dalam jaringan lebih banyak. Selain itu, rahim yang sedang membesar akan menekan pembuluh darah vena di daerah panggul dan pembuluh vena utama di tubuh bagian kanan. Tekanan tersebut menyebabkan kembalinya darah dari kaki ke jantung menjadi lebih lambat, sehingga memaksa cairan dari vena masuk ke jaringan otot di pergelangan dan telapak kaki. Maka terjadilah endema

Cara mengatasi Endema pada ibu hamil

Untuk mengurangi tekanan pada pembuluh vena, ibu hamil bisa berbaring miring ke kiri, sehingga tidak menekan pembuluh vena utama pada tubuh bagian kanan.

Setelah persalinan, bengkak yang dialami akan menghilang relatif cepat seiring dengan dibuangnya cairan berlebih dari tubuh. Ibu akan menjadi lebih sering buang air kecil dan banyak berkeringat pada hari-hari awal setelah melahirkan.

Jika anda mengalami endema atau pembengkakan parah segeralah berkonsultasi dengan dokter atau bidan Anda, karena anda bisa saja berisiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan yang dikenal dengan nama pre-eklampsia.

Endema Pada Ibu Hamil | | 4.5