Gangguan Yang Menyebabkan Terjadinya Pleuritis

advertisement
pleurisy symptoms

pleurisy symptoms

Gangguan Yang Menyebabkan Terjadinya Pleuritis – Pleuritis adalah peradangan dari lapisan sekeliling paru-paru (pleura). Pleura itu sendiri adalah selaput yang menyelubungi permukaan paru-paru. Radang pleura dapatberlangsung secara subakut, akut atau kronis, dengan ditandai perubahan proses pernafasanyang intensitasnya tergantung pada beratnya proses radang.

Pada gejala pleuritis yang berlangsung sub akut proses radang biasanya dibarengi dengan empiema serta mengakibatkan layuhnya sebagian paru-paru, hingga pernafasan akan mengalami kesulitan (dispnea). Biasanya pernafasan bersifat cepat dan dangkal. Pada yang berlangsung akut penderita mengalami kesakitan waktu bernafas hingga pernafasan jadi dangkal, cepat serta bersifat abdominal. Sedangkan yang berlangsung kronis, pada waktu istirahat tidak tampak adanya perubahan pada proses pernafasannya.

Gangguan yang menyebabkan terjadinya pleuritis

Penyebab-penyebab dari timbulnya pleuritis adalah:

Virus dan mikoplasma

Jenis-jenis virusnya adalah: ECHO virus, Coxsackie group, Rickettsia dan mikroplasma.

Bakteri piogenik

Bakteri yang sering ditemukan adalah: aerob dan anaerob. Bakteri-bakteri aerob meliputi Streptucocus pneumonia, Streptucocus mileri, Stafilococus aureus, Hemofilus spp, E.koli, Klebsiela, Pseudomonas spp. Bakteri-bakteri anaerob meliputi Bakteroides spp, Peptostreptococus, Fusobakterium.

Tuberkulosa

Selain komplikasi tuberkulosa, dapat juga disebabkan oleh robeknya rongga pleura atau melalui aliran getah bening.

Fungi

Pleuritis karena fungi amat jarang. Biasanya terjadi karena penjalaran infeksi fungi dari jaringan paru-paru. Jenis fungsi penyebab Pleuritis adalah aktinomikosis, koksidioidomikosis, aspergillus, kriptokokus, histoplasmosis, blastomikosis dan lain-lain.

Parasit

Parasit yang menginvasi ke dalam rongga pleura hanyalah amoeba dalam bentuk tropozoit

loading...
advertisement
Gangguan Yang Menyebabkan Terjadinya Pleuritis | | 4.5