Gejala Kanker Leher Rahim


gejala kanker leher rahim

gejala kanker leher rahim

Gejala Kanker Leher RahimGejala Kanker Serviks – Kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan penyakit yang sangat berbahaya terutama bagi kaum wanita.  Data WHO menunjukkan setiap tahun angka kematian akibat kanker leher rahim sangat besar. Fakta lain juga menunjukkan bahwa jutaan wanita di dunia yang terinfeksi virus  terjadi  akibat hubungan seks bebas.

Penyebab kanker leher rahim atau kanker serviks adalah HPV (human papillomavirus). HPV adalah sebuah virus  yang menyerang leher rahim dan merupakan penyebab utama pada kasus kanker serviks.  HPV memerlukan waktu yang cukup lama (10 – 20 tahun) hingga menjadi kanker serviks. Seringkali pada proses penginfeksian ini tidak disadari oleh penderita.

Gejala kanker leher rahim

Pada stadium awal kanker leher rahim ini tidak menimbulkan gejala-gejala khusus. Pada stadium lanjut tanda-tanda kanker leher rahim berupa  perdarahan di daerah vagina, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal yang berwarna kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah. Selain bereaksi terhadap gejala kanker serviks demikian, wanita di atas usia 40 tahun lebih rentan terkena kanker serviks. Untuk itu sebaiknya para wanita ini menjalankan pemeriksaan kesehatan rutin, terutama pemeriksaan pada bagian payudara dan organ-organ rongga perut dan organ-organ rongga panggul. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan penyakit kanker serviks.

Penyebab kanker leher rahim

Ada beberapa penyebab kanker serviks yang sangat beresiko untuk kesehatan tubuh kita.

  • Keputihan yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati
  • penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual
  • Pemakaian pembalut yang mengandung bahan kimia. Salah satunya adalah bahan dioksin yang merupakan bahan pemutih yang digunakan untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang dari barang bekas
  • Membasuh kemaluan dengan air yang tidak bersih

Pencegahan kanker leher rahim

Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Vaksin HPV akan diberikan pada wanita yang berusia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam.

Berhati – hatilah dengan gejala gejala abnormal seperti pendarahan dan keluarnya cairan yang tidak teratur, nyeri dan sebagainya. Itulah sedikit informasi mengenai Gejala Kanker Leher Rahim. Semoga bermanfaat

Gejala Kanker Leher Rahim

Artikel Gejala Kanker Leher Rahim

Tags: , , , , , , ,