Jenis Jenis Penyakit Kulit


gambar penyakit kulit

gambar penyakit kulit

Jenis Jenis Penyakit Kulit – Kulit adalah salah satu indera peraba yang mampu menerima rangsangan temperatur suhu, sentuhan, rasa sakit, tekanan, tekstur, dan lainnya. Fungsi kulit adalah sebagai pelindung tubuh dan alat pengatur suhu tubuh manusia. Lapisan kulit yang terluar adalah epidermis. Lapisan epidermis ini lebih rentan terkena berbagai macam penyakit. Berikut beberapa jenis jenis penyakit kulit

Kutu Air

Kutu Air merupakan infeksi jamur pada kulit, biasanya di antara jari kaki yang disebabkan oleh jamur parasit, penyakit ini menular. Gejala kutu air ini adalah luka dan gatal gatal pada bagian lipatan kulit ,bila luka digaruk akan menyebabkan peradangan dan pembengkakan di sekitar bagian yang sakit.

Panau atau panu

Panu juga merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala panu dan ciri ciri panu ditandai dengan bercak pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini berwarna putih, coklat atau merah tergantung kepada warna kulit penderita. Biasanya panu terdapat pada bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, muka dan kepala.

Eksim

Eksim merupakan radang kulit bagian atas yang disebabkan oleh rangsangan zat kimia seperti sabun. Penyakit kulit ini ditandai dengan rasa gatal,dan panas. Kulit menjadi merah, kering, bengkak dan berisi nanah. Eksim terdapat pada bagian wajah, tangan, kaki, siku, dan area belakang lutut. Eksim termasuk penyakit autoimun dimana sel-sel imun menyerang sel-sel yang sehat pada jaringan kulit penderita.

Impetigo

Impetigo merupakan infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri . Infeksi tersebut menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah . Bakteri biasanya masuk ke kulit karena gigitan serangga, luka, atau goresan. Impetigio ini menular pada anak anak  usia 2 hingga 6 tahun.

Melanoma

Melanoma adalah kanker kulit yang sangat berbahaya. Melanoma muncul pada leher atau kulit kepala yang berupa tahi lalat yang membesar. Selain itu terjadi perubahan warna pada tahi lalat serta terlihat tanda-tanda peradangan pada kulit di sekitar tahi lalat.

Psoriasis

Psoriasis merupakan proses pergantian kulit yang terlalu cepat dan disebabkan oleh terganggunya sistem kekebalan tubuh. Gejalanya psoriasis adalah bercak-bercak merah yang di atasnya terdapat sisik-sisik putih tebal dan menempel berlapis-lapis. Apabial digaruk, sisik-sisik tersebut akan rontok kemudian menyebar

Itulah sedikit informasi tentang jenis jenis penyakit kulit. Semoga dengan artikel penyakit kulit ini akan menambah pengetahuan anda.

Jenis Jenis Penyakit Kulit

Artikel Jenis Jenis Penyakit Kulit

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,