Kanker Payudara

advertisement
kanker payudara stadium 2

kanker payudara stadium 2

Kanker PayudaraPengertian kanker adalah suatu kondisi dimana sel dalam organ tubuh tidak bisa bekerja dengan mekanisme normal dan tidak terkendali sebagai mana mestinya. Salah satu penyakit kanker yang ganas adalah kanker payu dara. Penyakit ini lazimnya diderita oleh kaum perempuan.Penyebab kanker payudara adalah obesitas atau kegemukan. Selain itu faktor genetik atau keturunan juga dapat mempengaruhi kanker payudara. Pencegahan secara dini merupakan cara yang paling efektif untuk menghindari keganasan penyakit kanker ini. Dengan olahraga dan mengkonsumsi sayur –sayuran akan mengurangi resiko terkena kanker payudara. Pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan operasi pengangkatan payudara atau Mastektomi. Tetapi hal ini tidak sepenuhnya dapat berhasil. Selain itu kemoterapi atau pemberian obat – obatan anti kanker dalam bentuk pil cair atau kapsul dapat membunuh sel kanker dalam tubuh.

Berikut adalah gejala kanker payudara pada wanita

Benjolan di payudara

Benjolan terdapat dibagian bawah kulit payudara. Benjolan yang mula – mula kecil semakin lama akan semakin membesar . Pada umumnya benjolan ini tidak terasa sakit atau nyeri. Pada tahap awal benjolan ini jika ditekan dapat bergeser. Namun pada tahap stadium lanjut benjolan ini bertambah keras dan jika ditekan sudah tidak bisa bergeser lagi.

Perubahan tekstur kulit

Ciri-ciri kanker payudara yang lain adalah terjadi perubahan pada kulit. Warna kulit menjadi memerah . Dalam suatu kasus kulit di bawah payudara akan menjadi terluka yang sulit untuk sembuh sekaligus terasa panas dan membengkak.

Keluar cairan

Cairan yang di keluarkan berwarna kekukingan seperti nanah. Hal ini biasanya diikuti dengan rasa nyeri pada permukaan payudara dan rasa gatal pada daerah sekitar puting susu.

Minimnya pengetahuan masyarakat tentang kanker payu dara membuat pencegahan dan penanganan dini pun sulit dilakukan. Demikian artikel kanker payudara . Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang kanker atau tumor payudara.

loading...
advertisement
Kanker Payudara | | 4.5