Kontrasepsi Pada Pria

macam alat kontrasepsi pada pria

macam alat kontrasepsi pada pria

Kontrasepsi Pada Pria – Pada postingan sebelumnya telah dibahas mengenai macam-macam Alat kontrasepsi pada wanita. Nah pada postingan kali ini penulis akan menuliskan tentang pengetahuan maupun pengertian dari alat kontrasepsi pada pria.

Kontrasepsi Pada Pria

Kondom

Kondom merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi pada pria yang terbuat dari bahan lateks atau karet) dengan cara penggunaannya dipasang pada alat kelamin pria pada saat ereksi.Pemakaian Kondom hanya berlaku untuk sekali saja. Pada awalnya kondom ini hanya digunakan untuk pencegahan penularan penyakit kelamin. Namun seiring berkembangnya zaman,alat kontrasepsi kondom ini juga digunakan sebagai sebagai upaya untuk mencegah kehamilan.

Kondom pertama kali dibuat pada tahun 1870 dengan bahan karet tervulkanisir. Pada masa itu kondom karet sangat mahal dan tebal. Para penggunanya disarankan untuk mencucinya sebelum dan setelah hubungan intim. Mereka boleh memakainya sampai karetnya bocor atau pecah

Kemudian di tahun 1930 mengalami perkembangan. Kondom lebih tipis dengan bahan karet lateks dan memiliki bentuk lonjong seperti yang nampak saat ini. Saat ini kondom memiliki bahan terbaru yaitu terbuat dari polyurethane dan memiliki ketebalan jauh lebih tipis dibanding kondom sebelumnya

Vasektomi

Kurangnya pengetahuan, membuat para pria merasa alat kontrasepsi vasektomi ini terasa awam. Vasektomi adalah metode pencegahan kehamilan yang dilakukan oleh pria dengan melakukan operasi kecil dimana dimana terjadi pengikatan saluran vas deferens yang menyalurkan sel sperma sehingga cairan yang keluar sudah tidak lagi mengandung sel sperma.

Vasektomi ini tidak akan berpengaruh terhadap hormon pria maupun tingkat gairah dan kemampuan seksual. Jika seorang pria melakukan operasi vasektomi harus mengikuti prosedur  maupun syarat-syarat tertentu.

loading...
Kontrasepsi Pada Pria | | 4.5