Makanan Makanan Pencegah Anemia

advertisement
gambar makanan pencegah anemia

makanan pencegah anemia

Makanan Makanan Pencegah Anemia – Bagi sebagian orang , anemia sering disebut dengan kurang darah. Keadaan seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu aktifitas maupun produktifitas anda. Pada kasus yang parah anemia dapat memicu berbagai macam penyakit dan akan mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Penyebab anemia

Anemia merupakan berkurangn besi dalam tubuh yang menyebabkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang normal. Gejala anemia ini adalah kepala pusing, lelah dan lesu,mata berkunang, nafsu makan berkurang.

Pada anak , anemia dapat mengganggu pertumbuhan dan per kembangan anak yang akan mengakibatkan menurunnya tingkat kecerdasan anak. Dalam hal ini daya tahan tubuh si anak juga akan menurun yang berakibat anak gampang sakit.

Beberapa makanan dapat mencegah terjadinya anemia. Berikut makanan makanan pencegah anemia.

Makanan yang mengandung zat besi

Zat besi merupakan sumber atau unsur senyawa alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai media penghasil dan pembentuk sel darah merah yang sehat. Sumber zat besi ini mudah sekali didapat seperti pada Bayam. Bayam kaya akan zat besi. Kandungan beta karoten dan vitamin C yang mampu membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi yang masuk dari makanan. Selain itu jenis kacang kacangan seperti kacang hijau juga mengandung zat besi yang tinggi . Dalam 100 gram kacang hijau terkandung 26,15 mg zat besi. Padahal kebutuhan zat besi pada orang dewasa pria hanya 13 mg dan pada perempuan 26 mg pada saat haid

Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan anak-anak.Asam folat dapat mencegah kerusakan otak pada anak. Asam folat mudah di dapat dari jus jeruk, buah-buahan seperti pisang, sayuran hijau tua, kacang polong, dan roti sereal

Makanan yang mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dalam metabolisme tubuh, Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan menurunnya tingkat produksi sel darah merah pada tubuh. Vitamin ini banyak terdapat pada jenis buah buahan segar seperti jeruk,apel, papaya ,mangga dan lain sebagainya.

Itulah sedikit informasi tentang makanan makanan pencegah anemia. Semoga makalah pengobatan anemia ini dapat menambah pengetahuan anda.

loading...
advertisement
Makanan Makanan Pencegah Anemia | | 4.5