Manfaat Asam

Manfaat Asam

Manfaat Asam

Manfaat AsamAsam jawa merupakan salah satu bumbu dapur. Biasanya asam jawa digunakan untuk berbagai macam sayuran dan manisan asam. Banyak sekali manfaat asam jawa bagi kesehatan dan pengobatan . Diantaranya untuk nyeri, radang tenggorokan, alergi, batuk kering, bisul, demam,darah rendah, sariawan, keputihan, dan juga campak.

Pohon ini berasal dari afrika. Termasuk jenis tanaman berbuah polong. Daunnya rindang , batang cukup besar , memiliki ketinggian mencapai 25 meter. Kandungan asam jawa, seperti tatrat, malat, sitrat, suksinat, asetat. Asam berkhasiat untuk memudahkan buang air besar dan melancarkan peredaran darah. Daunnya yang mengandung flavonoid bersifat antiradang dan menghilangkan rasa sakit.

Berikut beberapa manfaat asam jawa untuk pengobatan

Bisul

Siapkan segenggam asam jawa dan kunyit .Tumbuk dendan halus kedua bahan tersebut. Kemudian tempelkan pada bagian yang ada bisulnya.

Nyeri Haid

Satu genggam daun asam muda dicampur dengan dua jari kunyit dan setengah gelas air masak, lalu ditumbuk halus. Tumbukan ditambah air secukupnya kemudian disaring dan diminum.

Alergi

Ambil 2 potong buah asam jawa yang telah tua, 1/4 sendok kapur sirih dan garam secukupnya
Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring .Airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore

Sariawan

Rebus sepotong asam jawa dan kunyit yang telah dicuci. Saring. Minum setiap pagi dan sore. Ulangi selama beberapa hari.

Campak

Ambilah 1-2 potong buah asam jawa yang telah masak, dan 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari.Kunyit diparut, kemudian tambahkan buah asam jawa lalu dicampur sampai merata.Ramuan tersebut diguanakan sebagai bedak/obat gosok bagi penderita campak

Demam

Untuk menurunkan demam pada bayi dapat dilakukan sebagai berikut :Siapkan Asam kawak dan kunyit masing-masing satu ibu jari, daun melati muda lima lembar, daun bawang dua tangkai. Setelah dicuci, tumbuk semua bahan tersebut hingga halus. Tempelkan di ubun-ubun bayi.

Batuk kering

Siapkan 3 potong buah asam jawa dan 1/2 genggam daun saga. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas dan disaring. Airnya diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore.

Selain untuk pengobatan , asam jawa bisa dibuat sebagai minuman hangat . Demikian manfaat asam. Semoga dapat membantu anda.

Manfaat Asam | | 4.5