Manfaat Daun Sirih

Manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih

Manfaat Daun SirihKhasiat Daun SirihDaun Sirih merupakan salah satu tanaman obat yang cuma ada di Indonesia. Banyak sekali manfaat daun sirih bagi kesehatan . Daun sirih diproses dan diambil minyaknya. Minyak daun sirih ini mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan kavikol yang berfungsi untuk membunuh kuman dan jamur. Selain itu, daun sirih juga bisa mengobati mimisan dan keputihan.

Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan

Mengobati Gatal dan Alergi

Daun sirih dapat mengobati gatal – gatal maupun alergi . Caranya sediakan daun sirih sebanyak 5-6 lembar , jahe kuning, setengah sendok teh  dan minyak kayu putih. Kemudian tumbuk halus semua bahan, lalu oleskan pada bagian tubuh yang gatal

Mengobati Batuk

Rebus daun sirih sebanyak 15 lembar bersama dengan segelas air . Tunggu sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Setelah itu minum bersama dengan madu

Menghilangkan Bau Mulut

Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih.  Dinginkan dan saring, gunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

Mengobati Bronkitis

Ambil 6 lembar daun sirih yang sudah dicuci. Kemudian rebus bersama dengan sepotong gula batu dan 2 gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Minum 3 x sehari masing-masing sepertiga gelas.

Obat Bisul

Ambilkan daun sirih secukupnya . Haluskan daun sirih. Kemudian oleskan pada bagian bisul

Mengobati Radang Tenggorokan

Rebus 3 lembar daun sirih bersama segelas air. Biarkan sampai dingin . Gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menengadah ke atas dan rasakan air nya sampai ke pangkal tenggorokan.

Mengobati Sariawan

Kunyah daun sirih yang sudah dicuci . Buang ampasnya setelah selesai.

Mengobati Keputihan

Rebus 10 lembar daun sirih dengan 2,5 liter air bersih.  Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk miss V

Khasiat daun sirih telah teruji secara klinis. Hingga saat ini penelitian daun sirih masih terus dikembangkan.

Manfaat Daun Sirih | | 4.5