Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan


manfaat ubi ungu bagi kesehatan

manfaat ubi ungu bagi kesehatan

Manfaat Ubi Ungu Bagi KesehatanMacam jenis ubi jalar yang satu ini memang banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan . Ubi ungu diketahui berkhasiat sebagai pencegah kanker dan dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Menurut data penelitian , ubi ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20% dan sumber kalori yang cukup tinggi, ditambah vitamin A, vitamin C dan vitamin B1 juga terkandung didalamnya. Selain itu kandungan mineral dalam ubi jalar diantaranya berupa zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Ubi ungu biasanya dimasak menjadi olahan kue. Ubi yang tidak dimasak mengandung 112 kalori, bebas lemak dan bebas kolesterol, serta rendah sodium. Kandungan ini tentu akan berubah, tergantung cara Anda memasaknya. Mengukus atau merebus ubi akan memunculkan rasa manisnya yang alami, namun dengan sedikit kalori.

Beberapa manfaat ubi ungu bagi kesehatan

  • Ubi ungu berfungsi untuk menghambat penggumpalan darah sehingga aliran darah menuju ke jantung dapat berjalan lancar. Antosianin pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara
  • Ubi ungu kaya akan serat. Serat dan pektin dalam ubi ungu sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon. Serat dalam ubi ungu juga akan membantu menahan air, sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh dapat dipertahankan
  • vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor dalam ubi jalar berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh
  • Antosianin ubi ungu juga memiliki fungsi fisiologis misal antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung dan stroke
  • Ubi ungu sebagai obat anti peradangan. Vitamin A, B, C, kalsium, dan potasiumnya membantu meringankan radang perut, dan masalah sejenis karena manfaat antiperadangannya.
  • Kandungan aktif zat selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga ubi jalar ungu dapat menjadi anti kanker.

Sebenarnya kandungan gizi ubi jalar lebih banyak daripada beras. Ubi jalar lebih kaya serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya beras sangat kurang kandungan seratnya yang akan memicu kegemukan dan peningkatan kadar gula . Demikian manfaat ubi ungu bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Artikel Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,