Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

gambar manfaat yoga

gambar manfaat yoga

Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil – Masa kehamilan adalah masa yang paling dinantikan olehh setiap pasangan suami istri. Selama masa kehamilan , gaya hidup dan kegiatan fisik akan memberi pengaruh tarhadap kesehatan kandungan. Kondisi yang kurang baik dapat berakibat buruk pada kesejahteraan janin. Kesehatan ibu dan janin dapat ditingkatkan dengan menjaga kebugaran tubuh selama masa kehamilan.

Bagi ibu hamil, olah raga dapat mencegah terjadinya varises ,meredakan sakit punggung, dan membantu mencegah sembelit. Olah raga dapat membantu memelihara kebugaran jantung dan pembuluh darah selama hamil, menguatkan tulang serta otot dan membantu mengendalikan berat tubuh.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga senam yang dianggap aman bagi ibu hamil karena aktifitas ini tidak melakukan gerakan gerakan fisik uang berat. Beberapa manfaat yoga bagi ibu hamil adalah sebagai berikut

  • Yoga dapat membantu ibu hamil dalam mempersiapkan pikiran dan tubuh sang ibu . Selain itu teknik yoga dapat membantu mengurangi mual di pagi hari atau morning sickness, sembelit, maupun rasa kurang nyaman di bagian punggung dan pinggang.
  • Manfaat yoga yang lain adalah Yoga  membantu mempermudah proses persalinan . Dengan senam yoga persalinan anda lebih mudah dan mengurangi ketegangan di sekitar leher rahim .
  • Dalam kelas yoga juga diajarkan mengenai teknik pernapasan . Hal ini akan membantu anda mengenai bagaimana cara anda untuk bernapas dengan benar selama persalinan
  • Yoga dapat membantu ibu dalam mengembalikan bentuk tubuh seperti rahim, perut, otot dasar panggul, mengurangi ketegangan punggung bagian atas dan ketidaknyamanan payudara setelah melahirkan.
  • Manfaat Yoga selama kehamilan dapat membantu mengurangi mual ,muntah, alergi, anemia, asma, sakit punggung, sembelit, depresi, diabetes, pusing, wasir, tekanan darah tinggi, obesitas,insomnia , masalah pada saluran pencernaan, sakit pada pinggul dan infeksi vagina.
  • Selain itu manfaat yoga juga dapat mencegah terjadinya varises pada masa kehamilan

Gerakan yoga pada masa kehamilan ini berbeda – beda dari trimester , trimester kedua, dan trimester ketiga. Demikian manfaat yoga bagi ibu hamil. Semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang kesehatan.

Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil | | 4.5