Pengendalian Hama Yang Tidak Merusak Lingkungan

advertisement
pestisida organik

pestisida organik

Pengendalian Hama Yang Tidak Merusak Lingkungan -  Sampai saat ini banyak petani yang masih menggunakan pestisida untuk mengendalikan hama tanaman. Pada penggunaan pestisida yang tidak terkendali akan berdampak buruk teradap lingkungan. Hama merupakan masalah besar bagi para petani  karena akan menurunkan produksi pertanian.

Tentu kita sering mendengar tentang Pengendalian Hama Terpadu atau PHT. PHT adalah salah satu sistem pengendalian hama dalam hubungan antara dinamika populasi dan lingkungan suatu jenis hama, serta menggunakan berbagai teknik pengendalian yang kompatibel untuk menjaga agar populasi hama selalu di bawah ambang ekonomi.

Pengendalian Manual

Pengendalian hama secara manual adalah cara memberantas hama dimana petani mengambil hama yang sedang menyerang dengan tangan secara langsung atau dengan melibakan tenaga manusia.Di negara Australia juga melakukan hal ini. Mereka mengambil hama tanaman penggangu seperti ulat-ulat maupun siput secara langsung yang sedang menyerang tanaman kubis.

Pengendalian Biologis

Pada pengendalian ini menggunakan musuh alami seperti parasit, predator dan patogen guna menekan populasi hama.Kelebihan pengendalian secara biologis adalah relatif stabil, ekonomis, aman dan dapat berlangsung mandiri secara terus-menerus

Pengendalian Pestisida

Jika pengendalian diatas masih kurang mampu untuk mengendalikan hama pengganggu, para petani dianjurkan menggunakan pestisida. Dalam keadaan tertentu pestisida merupakan komponen utama sebagai pengendalian hama terpadu. Tentu saja penggunaannya harus dilakukan secara terkendali agar tidak menimbulkan pengaruh buruk terhadap lingkungan.

loading...
advertisement
Pengendalian Hama Yang Tidak Merusak Lingkungan | | 4.5