Penyakit Asma


Penyakit asma pada anak

Penyakit asma pada anak

Penyakit AsmaAsma adalah penyempitan pada saluran pernapasan terhadap rangsangan tertentu yang dikarenakan tersumbatnya oksigen yang mengalir ke paru –paru . Penyempitan ini dipicu oleh rangsangan seperti debu, asap, bulu,udara dingin atau yang lainnya. Asma bisa menyerang anak –anak maupun dewasa. Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan sesak napas yang berbunyi atau mengi. Selain itu asma juga disertai dengan batuk dan rasa sesak didada. Tanda tanda penyakit asma pada anak bisa berupa rasa gatal di dada atau di leher. Pada serangan asma yang berat, penderita menjadi sulit untuk berbicara karena sesaknya sangat hebat

Faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab penyakit asma. Riwayat asma penderita asma dapat menurun pada anaknya. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan faktor dari ibu lebih kuat dalam menurunkan asma dibanding dengan ayahnya.

Untuk pengobatan asma yang paling efektif adalah inhaler. Inhaler yang mengandung agonis reseptor beta-adrenergik. Penggunaan inhaler yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya gangguan irama jantung.

Serangan asma dapat dicegah jika faktor pemicunya diketahui dan bisa dihindari. Serangan yang dipicu oleh olah raga bisa dihindari dengan meminum obat sebelum melakukan olah raga.

Pencegahan asma bisa diatasi dengan meminum teh rempah agar tubuh terasa lebih hangat. Hal ini bertujuan untuk mencegah serangan asma sebelum atau menjelang pagi saat udara mulai dingin. Jangan melakukan aktivitas atau olahraga berat yang dapat memicu munculnya serangan sesak napas. Olaharga ringan tetapi teratur akan meningkatkan kesegaran fisik, serta membuat otot jantung dan paru menjadi lebih kuat. Demikian artikel penyakit asma . Semoga dapat menambah pengetahuan anda..

Penyakit Asma

Artikel Penyakit Asma

Tags: , , , , , , , , ,