Penyakit Hematuria

kencing berdarah

kencing berdarah

Artikel Penyakit Hematuria -bSecara defenisi hematuria adalah didapatkannya sel darah dalam urine . Warna urine kemerahan belum tentu suatu hematuria, diistilahkan dengan Pseudohaematuria, seperti pada Haemoglobinuria, akibat rusak atau karena zat warna dari obat , makanan yang dikonsumsi. Sering hematuria muncul mirip air cucian daging atau teh pekat. Kasus berat muncul dengan bekuan-bekuan darah, berakibat susah berkemih dan terasa sakit.

Penyebab hematuria dapat disebabkan oleh kelainan di dalam sistem saluran kencing atau di luar sistem saluran kencing. Kelainan yang berasal dari sistem saluran kencing antara lain berupa batu saluran kencing, tumor jinak atau tumor ganas seperti tumor ginjal, tumor ureter, tumor buli-buli, tumor prostat, dan hiperplasia prostat jinak. Ditambahkan, nyeri yang menyertai hematuria dapat berasal dari nyeri di saluran kemih bagian atas berupa kolik atau gejala iritasi dari saluran kemih bagian bawah. Gejala khas dari hematuria yang disebabkan tumor ginjal, prostat, dan kandung kencing adalah hematuria yang hilang timbul dan hematuria tanpa disertai rasa nyeri

Gejala Hematuria : yang berarti didapatkannya sel darah merah pada urine, pada umumnya dikategorikan baik gross maupun mikroskopik. Gross hematuria muncul mendadak, mengkawatirkan, sehingga sering minta pertolongan emergensi. Setiap kemunculan suatu gross hematuria pada dewasa sebaiknya diperlakukan sebagai tumor saluran kemih sampai dibuktikan bukan, terutama gross hematuria berulang tanpa rasa sakit. Gross hematuria lebih sering dapat diidentifikasi kelainan patologis nya, dibanding mikroskopik.

Hematuria pada awal berkemih cendrung berasal dari kelainan uretra, sedang yang terjadi sepanjang berkemih kemungkinan berasal dari kandung kemih. Hematuria yang disertai nyeri kolik (hilang timbul) umum nya dari kelainan ginjal dan saluran atas, bila penyerta nyeri muncul saat berkemih lebih cendrung akibat peradangan di kandung kemih atau saluran bawah. Hematuria disertai bekuan menunjukan kelainan yang lebih signifikan, bentuk bekuan sendiri dapat menentukan asal kejadian.

Pencegahan hematuria dapat dilakukan dengan pemeriksaan penunjang laboratorium dan radiologi, dengan tatalaksana sesuai penyebab dan berat ringan nya hematuria.

loading...
Penyakit Hematuria | | 4.5