Penyakit Kelamin Wanita (Vaginitis)


gambar penyakit kelamin wanita

gambar penyakit kelamin wanita

Penyakit Kelamin WanitaVaginitis – Vaginitis merupakan salah satu macam penyakit kelamin wanita. Pengertian vaginitis adalah infeksi atau peradangan daerah pada vagina yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyebab penyakit vaginitis dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah hubungan seksual yang dilakukan secara berulang-ulang dan dalam waktu yang relatif singkat, sehingga menyebabkan kenaikkan pH vagina dan menghasilkan pertumbuhan bakteri dan gejala-gejala infeksi. Kelembaban di daerah vagina juga dapat memicu terjadinya penyakit kelamin wanita ini. Hal ini sebagai akibat dari penggunaan pakaian sintetis yang ketat dan tidak bisa menyerap keringat. Penyebab vaginitis yang lain adalah penggunaan bahan-bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi dan antibiotik yang mengganggu keseimbangan lingkungan bakteri dalam vagina.

Jenis jenis Vaginitis

Trichomonaisis.

Disebabkan oleh parasit trichomonaisis Vaginalis yang menimbulkan cairan berbau, banyak, berwarna kuning kehijauan dan kadang berbusa, sangat gatal dan terasa perih, Bisa menular melalui hubungan seks.

Vaginosis

Disebabkan oleh bakteri Garnerella Vaginalis. Cairan yang keluar sedikit berwarna abu-abu, dan bau tak sedap.

Infeksi Jamur

Disebabkan oleh Candida Albicans (salah satu enis jamur yang normal ditemukan dalam Miss V) jika terjadi perubahan kondisi ekosistem pada organ Miss V. Jamur ini akan membiak melampaui batas normal. Gejalanya : terdapat cairan kental dalam Miss V. berwarna putih dan berbau tak sedap, timbul rasa gatal, nyeri dan panas saat buang air kecil atau berhubungan intim. Candida albicans adalah jamur pelahap glukosa/gula, jika terjadi ketidakseimbangan homonal dalam tubuh yg memicu naiknya gulah darah candida albicans akan membiak pesat, maka terjadilah infeksi jamur

Gejala gejala vaginitis ini adalah terjadi perubahan bau dan warna di daerah vagina. Selain itu timbul rasa gatal pada area vagina dan adanya bau amis vagina setelah berhubungan intim. Ciri ciri vaginitis yang lain adalah Sakit ketika ingin buang air kecil dan pendarahan dari dalam vagina.

Cara Mencegah Vaginitis

Untuk pencegahan vaginitis dapat dilakukan dengan beberapa hal. Antara lain menjaga kebersihan tubuh dengan menggunakan pakaian yang bersih dan selalu membersihkan daerah kewanitaan sewaktu mandi. Dalam hal ini penggunaan kondom selama berhubungan seksual juga sangat penting untuk mencegah penularan penyakit wanita. Perlu diperhatikan kebersihan dubur juga harus terjaga. Bersihkan daerah dubur dari depan hingga ke belakang untuk mencegah bakteri usus menyebar ke vagina.

Cara alami mengobati vaginitis

Berikut beberapa cara mengobati vaginitis secara alami

  • Konsumsi sayur sayuran hijau dan buah buahan segar
  • Minum 8 gelas air putih perhari
  • Hindari alkohol, makanan yang banyak mengandung gula, kopi dan lemak jenuh.
  • Bawang putih memiliki zat anti bakteri dan anti jamur. Anda dapat mengoleskannya ke dalam vagina.
  • Makan padi padian secara utuh juga dapat membantu anda dalam mengatasi vaginitis
  • Gunakan garam asam bor untuk mengasamkan pH vagina.
  • Rendam kantung teh dalam air dan dinginkan dalam kulkas, lalu oleskan airnya pada vagina
  • Masukkan minyak biji flax dan tepung dalam menu makanan anda.
  • Makan atau oleskan yogurt biasa ke dalam vagina.
  • Tanaman herbal seperti minyak teh, walnut hitam, echinacea, goldenseal juga manjur untuk mengobati bacterial vaginitis.

Demikian artikel tentang penyakit kelamin wanita khususnya vaginitis . Semoga bermanfaat untuk anda

Penyakit Kelamin Wanita (Vaginitis)

Artikel Penyakit Kelamin Wanita (Vaginitis)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,