Penyakit Ketakutan Berlebihan

advertisement
mengatasi kecemasan

mengatasi kecemasan

Penyakit Ketakutan Berlebihan – Ketakutan atau yang sering kita sebut dengan fobia merupakan suatu perasaan cemas yang sangat luar biasa dan berlangsung terus menerus sebagai respon terhadap keadaan eksternal tertentu.

Pada penderita fobia , keadaan tertentu dapat memicu terjadinya kecemasan sehingga timbul perasaan tertekan. Selain itu penderita juga menyadari bahwa kecemasan yang timbul adalah berlebihan dan karena itu mereka sadar bahwa mereka memiliki masalah.

Macam jenis  penyakit ketakutan berlebihan atau fobia

Agorafobia

Agorafobia merupakan perasaan takut  terhadap keramaian pada tempat terbuka. Seseorang yang mengalami agorafobia akan terjadi serangan panik dan tidak nyaman pada salah satu keadaan tersebut.Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari, dan terkadang sangat berat sehingga penderita hanya diam di dalam rumah.

Penyakit ini paling sering muncul pada awal usia 20 tahun, jarang terjadi diatas usia 40 tahun.Pengobatan agorafobia adalah dengan terapi pemaparan. Pada terapi ini penderita berusaha mengendalikan dan tetap berhubungan dengan apa yang ditakutinya sampai kecemasannya secara perlahan berkurang karena sudah terbiasa dengan keadaan tersebut.Selain itu ada psikoterapi yaitu proses pemahaman yang dilakukan agar penderita terhadap pertentangan psikis yang merupakan penyebab kecemasan.

Fobia spesifik

Fobia spesifik bisa berupa rasa takut terhadap binatang, orang asing maupun kegelapan. Gangguan ini biasanya muncul mulai dari masa kanak-kanak hingga beranjak dewasa. Pendrita fobia ini dapat melakukan terapi pemaparan yaitu sejenis terapi perilaku dimana penderita secara bertahap dihadaptkan kepada benda atau keadaan yang ditakutinya

Fobia sosial

Merupakan suatu perilaku dimana penderita merasakan kecemasan yang berlebihan dalam kehidupan sosial sehingga mereka menghindari situasi sosial atau menghadapinya dengan penuh tekanan. Misalnya tampil dan berbicara didepan umum, menggunakan kamar mandi umum, makan di depan orang lain dan lain-lain.Pada seorang fobia sosial akan nampak perasaan cemas,berkeringat, pipinya kemerahan,gemetaran bahkan sampai muntah.

Demikian informasi dan artikel penyakit ketakutan berlebihan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda.

loading...
advertisement
Penyakit Ketakutan Berlebihan | | 4.5