Penyakit Kolik


kolik abdomen

kolik abdomen

Penyakit KolikPenyakit Kolik Abdomen adalah gangguan pada aliran normal isi usus sepanjang traktus intestinal (Nettina, 2001). Obstruksi terjadi ketika ada gangguan yang menyebabkan terhambatnya aliran isi usus ke depan tetapi peristaltiknya normal. Gejala kolik yang menyertainya antara lain, mual,muntah, mulas dan bising usus serta kentut.

Penyakit Kolik pada orang dewasa

Penyebab Kolik pada orang dewasa ini adalah makan terlalu kenyang, makanan yang terlalu banyak asam,pedas, dan kebanyakan minomen juga minum alkohol.Nyeri abdomen juga dapat terjadi karena diare atau sembelit. Wanita yang mengalami nyeri pada daerah pinggul dan perut bagian bawah pada waktu haid.Nyeri dapat terjadi sebelum atau selama haid,atau pada saat ovulasi.Kadang kadang rasa nyeri ini disebabkan oleh gangguan pada alat kandungan seperti endometriosis (terlepasnya sebagian dinding dalam rahim dan tumbuh pada bagian lain di rongga perut ).

Kolik usus biasanya disertai dengan kembung dan perut buncit,hal ini terjadi bila otot polos usus berkerut atau kejang usus. Kolik dapat pula terjadi karena tersumbatnya kandung empedu,saluran empedu, atau saluran kemih.Nyeri dapat pula karena hamil di luar kandungan,yaitu tumbuhnya janin bukan di dalam rahim,tetapi pada saluran telur.Peningkatan sekresi asam lambung dapat menimbulkan penyakit tukak peptik yang menyebabkan rasa nyeri berulang, rasa nyeri berkurang dengan pemberian makanan,susu,atau obat antisida. Pengobatan kolik abdomen kadang kadang dapat disembuhkan dengan mudah, biasanya dengan minum susu,kompres panas pada daerah yang sakit, atau makan obat natsid (untuk menetralkan asam lambung ),antispasmodik,atau analgesik (antinyeri).Apabila cara ini tidak mengatasi rasa nyeri,atau bila rasa nyeri hebat dan berulang, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Penyakit kolik pada bayi

Kolik pada bayi memiliki Gejala utamanya adalah rewel yang berkepanjangan, yang disertai tangisan. Biasanya kondisi ini terjadi menjelang sore hingga waktu tidurnya.Dan diperkirakan sekitar 20% bayi mengalami Kolik ini dan biasanya ketika dia berumur 2 minggu hingga 4 minggu. Penyebab kolik pada anak belum di ketahui secara pasti, namun ada anggapan bahwa penyebabnya adalah makanan sang ibu yang menyusuinya, alergi bayi terhadap susu botol, kecemasan orang tua, dan sebagainya

Penyakit Kolik

Artikel Penyakit Kolik

Tags: , , , , , , , , ,