Penyakit Nefritis


penyakit nefritis

penyakit nefritis

Penyakit Nefritis – Nefritis merupakan kerusakan atau  peradangan pada ginjal ( glomerulus ginjal) yang terjadi karena infeksi bakteri penyakit pada nefron. Bakteri ini masuk melalui saluran pernafasan kemudian dibawa darah ke ginjal. Karena infeksi ini nefron mengalami peradangan sehingga protein dan sel – sel darah yang masuk bersama urine primer tidak dapat disaring dan keluar bersama urine.

Akibat nefritis ini seseorang akan menderita uremia atau edema. Uremia adalah masuknya kembali urin dan urea ke dalam pembuluh darah. Penyakit edema adalah penimbunan air di kaki karena terganggunya reabsorpsi air. Terdapatnya ureum di dalam darah dapat menyebabkan penyerapan air terganggu, selanjutnya air akan menumpuk di kaki atau organ tubuh yang lain.

Sedangkan nefritis kronis yang diderita oleh orangtua ditandai dengan tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah ginjal. Penyebab nefritis biasanya disebabkan oleh infeksi. Selain itu, nefritis dapat diakibatkan karena suatu reaksi kekebalan yang keliru dan melukai ginjal. Suatu kekebalan yang keliru dapat melalui 2 cara .

  • Suatu antibody dapat menyerang ginjalnya sendiri
  • Antigen dan antibody bergabung dibagian tubuh yang lain kemudian menempel pada sel-sel dalam ginjal

Gejala nefritis atauTanda-tanda nefritis adalah adanya darah dalam urin (hematuria),adanya protein dalam darah (proteinuria) dan kerusakan fungsi hati, yang tergantung kepada jenis, lokasi dan beratnya reaksi kekebalan. Pengobatan nefritis dan cara mengatasi penyakit nefritis ini adalah dengan cuci darah. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki keseimbangan cairan tubuh.

Demikianlah sedikit informasi tentang penyakit nefritis. Semoga artikel penyakit nefritis ini dapat menambah pengetahuan mengenai penyakit yang berhubungan dengan batu ginjal.

Penyakit Nefritis

Artikel Penyakit Nefritis

Tags: , , , , , , , , , ,