Penyebab Cacingan


penyebab cacingan pada orang dewasa

penyebab cacingan pada orang dewasa

Faktor Penyebab Cacingan Pada Anak - Kurangnya kesadaran akan kebersihan tubuh, terutama  tidak mencuci tangan setelah sebelum atau sesudah makan adalah faktor utama dalam penyebaran infeksi cacingan. Dalam hal ini anak-anak lebih rentan mengalami cacingan . Gejala cacingan dapat diliat dari perkembangan berat badannya.  Bayi atau anak yang terkena cacingan lebih sulit menaikkan berat badan. Terjadi penurunan nafsu makan disertai dengan lemah dan lesu. Penyakit cacingan ini juga menjadi penyebab diare pada anak.

Penyebab Cacingan

Ada beberapa jenis infeksi cacing menyebabkan anak cacingan

Cacing pita

Cacing pita merupakan cacing yang paling besar diantara semua cacing parasit. Cacing pita berwarna putih dengan panjang mencapai 8 meter, tanpa mulut, tanpa saluran pencernaan. Cacing pita ini dapat hidup sampai 25 tahun di dalam usus inangnya. Cacing ini biasanya terdapat pada daging matang (sapi, babi, ikan) atau air yang terkontaminasi.

Cacing kremi

Penularan cacing kremi melalui tangan . Telur cacing tersebut menempel pada tangan yang kemudian masuk melalui mulut dan akan berkembang dalam tubuh sehingga menetas dalam usus kecil dan bergerak turun ke usus besar.  Cacing kremi memiliki bentuk yang kecil ,tipis dan berwarna putih. Cacing ini juga dapat menimbulkan gatal-gatal di sekitar dubur terutama saat malam hari
Cacing Gelang

Cacing ini berbentuk seperti cacing biasa, panjang dan bulat secara keratan rentas, walaupun tanpa ruas. Jenis cacing ini juga dapat hidup di usus dan berkembang biak disana.

Pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu cara mencegah dan mengatasi cacingan. Biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan memotong kuku secara rutin. Mengobati penyakit cacingan dapat dilakukan dengan obat anti cacing untuk menghindari infeksi cacing kremi.

Itulah sedikit informasi mengenai penyebab cacingan . Semoga dapat menambah wawasan anda.

Penyebab Cacingan

Artikel Penyebab Cacingan

Tags: , , , , , , , ,