Penyebab Hamil Diluar Nikah

advertisement
hamil diluar nikah menurut islam

hamil diluar nikah menurut islam

Penyebab Hamil Diluar Nikah – Remaja sangat memerlukan perhatian yang serius dalam perkembangannya. Bagi suatu bangsa mereka merupakan generasi penerus yang kelak akan menjadi tulang punggung dan sekaligus mewarisi kelangsungan bangsa ke depan. Perkembangan teknologi, pola asuh, teman sebaya, lingkungan yang semakin lama semakin bebas tak terkendali yang tidak diimbangi dengan penanaman nilai-nilai keagamaan yang baik menyebabkan banyak remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab hamil diluar nikah

Keluarga

Keluarga berperan penting dalam hal menjaga dan menghindari kejadian hamil diluar nikah. keluarga memiliki peranan untuk menciptakan dan membina hubungan yang harmonis. Hubungan yang baik antara anak dan orangtua menjadi salah satu hal yang harus terus dijaga, karena dengan adanya hubungan baik maka anak memiliki tempat untuk curhat, bertanya, bercerita, berbagi kasih, belajar, dsb.

Ketika anak tidak mendapat tempat yang diinginkan dan sesuai didalam keluarga maka anak cenderung untuk menyandarkan dirinya kepada pihak lain yang belum tentu bertanggung jawab, bahkan beresiko fatal seperti hamil diluar nikah. Selain itu  faktor pola asuh orang tua yang tidak sesuai dengan perkembangan remaja menerapkan pola asuh yang otoriter sehingga menyebabkan remaja tertutup terhadap orang tuanya, pola asuh yang bebas, yang menyebabkan remaja melakukan segala sesuatu yang ia inginkan, dan orang tua kurang memberikan pengasuhan dikarenakan kesibukan. Selain pola asuh, kurangnya perhatian dari orang tua karena banyaknya kesibukan merupakan faktor terbesar yang menyebabkan remaja hamil di luar nikah.

Pendidikan

Kurang pengetahuan yang lengkap dan benar mengenai proses terjadinya  kehamilan, dan metode–metode pencegahan  kehamilan. Ketidak tahuan atau minimnya pengetehuan tentang perilaku seks yang tidak menyebabkan kehamilan.

Penundaan atau peningkatan usia kawin atau semakin dininya usia menstruasi (menarche) ini menyebabkan masa masa rawan semakin panjang hal ini terbukti dengan semakin banyaknya kasus hamil luar nikah.

Kasus Pemerkosaan

Akibat terjadinya tindak perkosaan Perkosaan merupakan peristiwa yang traumatis dan meninggalkan aib pada perempuan yang diperkosa. Dampak psikologis dari perkosaan ini cukup dalam dan akan menetap seumur hidup perempuan itu. Paham tentang kesucian perempuan akan membuat perempuan dan keluarganya mengalami stigma dari masyarakat sekitarnya.

Kegagalan alat kontrasepsi

Kegagalan alat kontrasepsi juga sangat berpengaruh terhadap kehamilan diluar nikah.

Lingkungan

Gaya hidup ala kebarat-baratan membuat dampak negatif terhadap lingkungan di sekitar. Faktor lingkungan dapat memicu keinginan untuk melakukan perbuatan negatif, apabila kita tidak mempunyai iman yang kuat dan prinsip hidup yang positif maka hidup kita akan bisa menyaring budaya-budaya yang masuk dan akan terjerumus kelembah perzinahan. Sedangkan akibat terjadinya perkawinan wanita hamil di luar nikah adalah putusnya tali silaturrahmi antara keluarga. Selain itu juga rasa penyesalan yang terjadi dari para pelaku pernikahan akibat hamil diluar nikah

Agama

Kurangnya Penanaman nilai-nilai Agama Islam. Pendidikan agama harus diberikan orang tua terhadap anak mulai sejak dini sehingga anak akan melakukan sesuatu yang sifatnya positif sesuai dengan nilai-nilai keagamaan. Kurangnya pendidikan agama yang diberikan orang tua dapat berakibat terhadap etika dan moralitas anak, anak akan cenderung berperilaku tidak sesuai dengan norma agama

loading...
advertisement
Penyebab Hamil Diluar Nikah | | 4.5