Penyebab Mendengkur

advertisement
informasi mendengkur

informasi mendengkur

Penyebab MendengkurInfo Kesehatan Mendengkur – Mendengkur adalah suara yang dihasilkan saat seseorang bernapas (biasanya dihasilkan ketika menarik napas) selama ia tidur yang pada gilirannya menyebabkan getaran di langit-langit lunak dan uvula (benda yang menggantung di bagian belakang tenggorokan).

Penyebab orang mendengkur adalah karena ada saluran nafas yang menyempit sehingga menyebabkan getaran pada langit-langit di tenggorokan.  Akibat mendengkur dalam waktu yang singkat adalah menjadi lelah pada saat bangun pagi (kurang fresh), pelupa, konsentrasi menurun, mengantuk sepanjang hari sehingga dapat menurunkan prestasi kerja, mudah tersinggung dan sakit kepala pada pagi hari.

Mendengkur yang disertai henti napas dan terjadi berulang-ulang jika dibiarkan dalam waktu yang lama dan tidak segera diobati bisa berbahaya karena mengakibatkan penyakit darah tinggi, jantung dan stroke.

Selain hal-hal diatas penyebab penyakit mendengkur adalah sebagai berikut

Kelebihan Berat Badan

Berat badan berlebih baik akibat terlalu banyak makan atau situasi medis terkait seperti gangguan tiroid adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap mendengkur. Jika penyebabnya ini, maka tips mendengkur adalah dengan penurunan berat badan yang bisa memberikan kontribusi yang baik dalam mengatasi dengkuran.

Gaya hidup

Sebagian besar penyebab mendengkur akibat gaya hidup yang tidak sehat, untuk itu penangannya pun cukup dengan mengubah gaya hidup yang sudah ada menjadi lebih baik dan sehat.

Merokok

Rokok diketahui bisa memiliki dampak yang buruk bagi tubuh, salah satunya adalah menghalangi jalan napas, pembengkakan selaput lendir di hidung, pembengkakan jaringan di tenggorokan dan penyumbatan kecil di paru-paru. Kondisi ini bisa memicu orang mendengkur, karenanya untuk mencegah tidur mendengkur harus berhenti merokok.

Pola tidur yang tidak stabil

Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur yang tidak seimbang maka mengakibatkan perkembangan ketidakstabilan pernapasan yang sangat signifikan saat tidur, sehingga memicu dengkuran. Untuk itu cara mengurangi tidur mendengkur adalah dengan memiliki pola tidur teratur dan tidak terbangun beberapa kali saat tidur malam

loading...
advertisement
Penyebab Mendengkur | | 4.5