Perut Kembung Dan Keras


perut kembung dan keras

perut kembung dan keras

Perut Kembung Dan Keras – Kembung terjadi akibat gas berlebihan dalam perut dan usus yang terjadi akibat menelan angin. Kembung juga dapat disebabkan oleh bakteria usus yang menghasilkan gas karbon dioksida dan hidrogen (kedua-duanya tidak berbau) akibat dari pemecahan karbohidrat dan protein. Lebih banyak jumlah gas yang tercampur, lebih tajam pula bau gas yang dihasilkan. Sebagian besar gas ini akan masuk semula melalui mulut yang kemudian menghasilkan sendawa. Sebagian gas ini pula ditolak ke dalam usus dan dikeluarkan dari badan melalui kentut.

Perut kembung biasanya disebabkan oleh kebisaaan Makan terlalu cepat dan menelan udara atau aerophagia. Selain itu perut kembung juga disebabkan oleh kekurangan enzim lactase yang mengakibatkan penurunan kemampuan untuk mencerna laktosa, gula yang terdapat dalam susu dan produk tenusu yang lain seperti keju dan ais krim dan dalam makanan tertentu yang telah diproses seperti roti, bijirin dan pelengkap salad.

Gejala perut kembung termasuk peningkatan pembuangan angin, kembung atau sakit perut dan sendawa. Peningkatan pembuangan angin yang kerap bau yang kuat akan menyebabkan anda mendapat malu.

Cara mencegah perut kembung

Selain mengatur diet anda, anda boleh memperkuatkan otot sfingter anus anda bagi membantu melambatkan kekembungan dengan melakukan latihan Kegel. Berbaringlah secara menelentang, dengan lutut dibengkukkan, dan kedua kaki anda dibuka sekitar 12 inci. Kepalkan otot-otot sekitar anus sekuat yang anda boleh, (seperti anda menahan dari melepaskan gas) dan coba bertahan selama beberapa menit. Istirahatkan otot tersebut perlahan-lahan, ambil nafas yang dalam dan ulangi langkah-langkah di atas. Latihan ini juga boleh dilakukan apabila anda berdiri.

Obat perut kembung orang dewasa

Ambil beberapa lembar daun Mengkudu diolesi minyak kemudian dipanaskan pelan-pelan diatas api sampai daunnya layu/lemas. Kemudian tempelkan daun yang telah layu tersebut kurang lebih 3 lembar ketika hendak tidur malam, dan biarkan hingga pagi hari.

Untuk mengatasi muntah-muntah karena perut kembung pada anak-anak, berikut cara membuat ramuan obat tradisionalnya. Caranya, cuci 1 sendok makan beras dan direndam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk halus bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa. Saring, lalu diminumkan pada anak agar tubuhnya hangat

Perut Kembung Dan Keras

Artikel Perut Kembung Dan Keras

Tags: , , ,