Puting Payudara Normal

foto payudara normal

foto payudara normal

Puting Payudara Normal – Seringkali para perempuan merasa resah dengan bentuk badannya, tak terkecuali payudaranya. Ukuran payudara pada dasarnya memang tak persis sama sehingga hanya kita sendiri yang bisa melihat perbedaannya.

Ukuran payudara kiri dan kanan yang simetris merupakan ciri payudara montok. Namun Simetris bukan berarti harus sama besar persis. Umumnya wanita remaja dan belum menikah memiliki ukuran payudara simetris. Meskipun payudara kiri lebih besar daripada payudara kanan, namun tidak terlalu besar. Meskipun terdapat perbedaan yang lebih mencolok, itu masih normal. Biasanya pengaruh hormon terutama setelah menggunakan kontrasepsi pil KB menyebabkan perbedaan ukuran payudara menjadi semakin besar. Dan perbedaan ukuran payudara kiri dan kanan itu masih normal.

Berikut beberapa ciri puting payudara normal

Puting Keras dan Halus

Ciri lain dari payudara sehat adalah memiliki puting payudara yang lebih keras jika dibandingkan dengan bagian payduara di sekitarnya. Selain keras, puting juga terasa tetap halus dan simetris dengan payudara. Ada beberapa wanita yang memiliki puting payudara yang agak pendek. Biasanya ini terdapat pada wanita yang belum menikah atau belum pernah melakukan hubungan seksual. Itu wajar-wajar saja. Setelah menikah, puting payudara akan menjadi lebih tinggi.

Tidak Terasa nyeri

Putting Payudara sehat tidak akan terasa nyeri jika ditekan secara lembut. Jika dengan tekanan yang lembut saja payudara anda sudah terasa  nyeri, maka anda harus segera memeriksanya ke dokter karena itu artinya payudara anda sedang sakit.

Warna Puting yang Khas

Warna puting payudara lebih unik. Untuk wanita berkulit putih yang belum melahirkan, puting payudara berwarna merah muda, sedangkan wanita dengan warna tubuh sedikit gelap, puting payudara berwarna coklat.  Warna coklat ini akan semakin kontras ketika sudah melahirkan dan menyusui. Itu adalah warna yang normal pada payudara sehat.

Puting Payudara Normal | | 4.5