Sendawa Berlebihan


obat sendawa

obat sendawa

Sendawa Berlebihan – Sendawa merupakan keluarnya gas dari saluran cerna (kerongkongan dan lambung) ke mulut yang disertai adanya suara dan kadang-kadang bau. Bersendawa adalah proses mengeluarkan gas dari dalam perut melalui mulut. Normalnya sendawa terjadi ketika udara yang masuk kedalam perut telah meningkat.

Timbulnya suara tersebut disebabkan oleh getaran udara / gas pada katub kerongkongan saat keluarnya gas. Hal ini merupakan hal yang sangat umum bisa terjadi pada siapa saja, dan merupakan usaha untuk melepaskan udara yang terperangkap di lambung yang biasanya menimbulkan ketidak nyamanan di saluran cerna.Sendawa terus menerus juga disebabkan oleh perut kembung.  Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu cepat, perasaan cemas dan mengkonsumsi minuman bersoda merupakan penyebab yang paling umum untuk perut kembung.

Pada saat bersendawa, pangkal tenggorokan, esophageal sphincter atas, esophageal sphincter bawah dan diafragma semuaya bekerja sesuai dengan porsinya untuk mengatur naik dan turunnya aliran udara dari perut ke kerongkongan di dada

Sendawa berlebihan

Salah satu penyebab sendawa berlebihan adalah produksi asam lambung yang berlebihan. Faktor fisik seperti keterlambatan makan, makanan yang merangsang seperti makanan pedas, asam, panas dan juga yang mengandung rempah-rempah yang berlebihan. Bisa juga dari peradangan permukaan mukosa lambung sampai adanya perlukaan (tukak lambung). Infeksi helikobakter juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Selain itu faktor psikologik juga mempengaruhi banyak sendawa, seperti stres pikiran akibat berbagai sebab mulai dari pekerjaan, konflik dalam rumah tangga, konflik dengan orang lain yang menyita pikiran dan waktu, terlalu lelah, kurang tidur. Umumnya pada keadaan-keadaan tersebut makan menjadi tidak bernafsu atau tidak teratur atau justru makannya jadi sembarangan yang penting asal tersisi.

Jika rasa tidak nyaman di perut bukan karena peningkatan gas , sendawa tidak menyelesaikan masalah. Jika demikian berarti ada hal lain di perut yang perlu dicari penyebabnya. Sendawa merupakan suatu gejala yang bisa disebabkan oleh penyakit di saluran cerna dan kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan di rongga perut.

Sendawa Berlebihan

Artikel Sendawa Berlebihan

Tags: , , , , ,