Susah Buang Air Kecil


sulit buang air kecil

sulit buang air kecil

Susah Buang Air Kecil – Penyebab susah buang air kecil sangat bergantung pada apa jenis kelamin anda. Umumnya pada pria, gangguan ini disebabkan oleh pembesaran prostat jinak dan sumbatan batu. Sementara pada wanita, biasanya disebabkan oleh sumbatan batu dan infeksi saluran kencing.Bertambahnya usia juga mempengaruhi susah kencing, kasus BPH makin sering terjadi. Pada usia 60 tahun, angka kejadiannya mencapai sekitar 60 persen, usia 70 tahun mencapai 70 persen, dan seterusnya.

Pada kasus sumbatan batu, umumnya batu menyumbat bagian bawah kandung kemih. Namun, ada kalanya si batu menyumbat di ureter bagian kanan atau kiri. Ureter merupakan pipa yang menyalurkan air kencing dari ginjal ke kandung kemih.Sumbatan pada bagian ureter ini sangat berbahaya karena tidak ada air kencing yang bisa keluar sama sekali. Bila sudah demikian, maka harus dilakukan pembedahan oleh ahli bedah urologi.

Sulit buang air kecil, terutama pada lansia, bisa pula karena kurang minum. Penyebab lainnya adalah benturan, dan manipulasi alat kelamin dengan alat-alat. Obat-obatan pun bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal sehingga seseorang menjadi sulit atau tidak bisa buang air kecil.

Untuk pertolongan pertama pada penderita yang sulit atau tidak bisa buang air kecil, adalah merendam bagian saluran kencing penderita dalam air hangat. Demikian artikel penyebab susah buang air kecil. Semoga bermanfaat

Susah Buang Air Kecil

Artikel Susah Buang Air Kecil

Tags: , , , ,