Varises Kelamin

gambar varises kelamin

gambar varises kelamin

Varises Kelamin – Seperti yang kita tahu sperma berfungsi untuk membuahi sel telur. Tingkat kesuburan pria dipengaruhi oleh kualitas spermanya. Sperma yang sehat cenderung berbentuk sempurna dan lebih cepat. Sedangakan Sperma yang tidak sehat dapat mengakibatkan kemandulan pada pria. Menurut ahli ,gangguan tingkat kesuburan pria disebabkan oleh varicocele. Varicocele atau varises kelamin merupakan pembesaran abnormal pembuluh darah vena di kantung testis.

Selama pubertas, testis berkembang sangat cepat dan membutuhkan peningkatan pasokan darah. Jika katup dalam pembuluh darah kantung testis tidak berfungsi optimal, pembuluh darah akan mengangkut darah dengan sangat ekstra maka terjadilah varikokel. Penumpukan darah pada testis mengakibatkan suhu di area tersebut lebih panas dan kondisi tersebut akan berpengaruh terlain terhadap kualitas sperma.

Rasa nyeri pada testis adalah gejala awal varises kelamin. Selain itu timbul perasaan kantung testis membesar dan seperti menyeret. Pengobatan varises kelamin dapat dilakukan dengan operasi bedah. Pada saat operasi, dokter bedah akan membuat sayatan di perut bagian bawah dan mengikat vena yang bermasalah agar aliran darah dapat dialihkan ke vena yang masih normal lainnya.

Rendahnya kualitas sperma juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok dapat menambah risiko kemandulan dan disfungsi ereksi pada pria. Akibatnya timbul gangguan seksual seperti ejakulasi dini dan impotensi. Pencegahan varikokel atau cara mencegah varises kelamin dalam hal ini dapat dilakukan dengan konsumsi makanan sehat sangat diperlukan . Makanan sehat dan akan membantu produksi hormon.

Sebenarnya varikokel atau varises kelamin tidak menimbulkan gejala selama bertahun tahun. Biasanya gejala tersebut akan muncul dengan sendirinya saat melakukan aktifitas yang berlebihan seperti olahraga dan duduk terlalu lama. Jika anda mengalami hal seperti diatas ,konsultasilah ke dokter spesialis tentang permasalahan reproduksi anda. Demikian artikel varises kelamin. Semoga menambah pengetahuan anda.

Varises Kelamin | | 4.5